Senin, 11 Februari 2013

Kisah Perjalanan: MELBOURNE MEMANG DAHSYAT


Kisah Perjalanan:
MELBOURNE MEMANG DAHSYAT 
Oleh
MARJOHAN, M.Pd.
(Guru Berprestasi Indonesia 2012 Asal Sumatera Barat)
Kata Pengantar
            Buku ini merupakan kumpulan catatan harian penulis saat berkunjung ke Melbourne. Kesempatan pergi ke Australia (Melbourne)  tidak pernah terlintas dalam fikiran. Namun pergi berkunjung ke benua kecil yang bersih dan maju ini ibarat sebuah mimpi indah.
            Memang hidup perlu bermimpi. Penulis tentu juga punya mimpi, ia punya kebiasaan suka  menulis dan mempublikasikannya pada berbagai surat kabar. Di samping itu ia juga punya motivasi kuat dalam mempelajari beberapa bahasa asing, yaitu bahasa Perancis, bahasa Inggris dan bahasa Arab. Kemudian sebagai guru ia juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan agar menjadi guru yang memiliki empat kompetensi (kompetensi sosial, paedagogi, professional dan kepribadian). Dengan demikian ini merupakan salah satu cara untuk menjadi guru dengan beberapa talenta.
            Alhasil dalam tahun 2012 ia mengikuti seleksi guru berprestasi. Alhamdulillah ia mampu memperoleh predikat juara satu (1) sejak dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan juga juara 1 (satu)  untuk predikat guru berprestasi  tingkat nasional. Tentu saja predikat tersebut ikut membuat bangga sekolah, kabupaten dan Propinsi Sumatera Barat. Apalagi di akhir tahun 2012 ia juga memperoleh anugerah Satyalencana dalam bidang pendidikan dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
            Pemerintah Daerah Kab. Tanah Datar memberi reward (penghargaan) bagi warganya yang berprestasi. Dengan demikian pemda menyediakan anggaran bagi penulis (Marjohan) dan juga buat dua orang temannya (Desi Dahlan- juga guru berprestasi nasional tahun 2009- dan Inhendri Abbas) untuk melakukan studi banding ke negara Australia/ Melbourne. Sekaligus untuk merespon undangan dari Prof. Dr Ismet Fanany dan Dr. Rebecca Fanany.
            Penulis menggunakan kesempatan berharga ini dengan sebaik mungkin dan menuliskan setiap jengkal pengalamannya dalam buku diari. Buku catatan perjalanan ini berjudul “KIsah Perjalanan: Melbourne Memang Dahsyat”. Buku ini sangat cocok dibaca oleh siswa, guru, mahasiswa dan juga publik umum untuk menambah motivasi belajar. Perjalanan dan penulisan ini dapat terlaksana karena bantuan dan dukungan banyak pihak. Penulis ingin menyampaikan ribuan terima kasih kepada:
1.      Bapak Shodiq Passadigu selaku Bupati Kab. Tanah Datar
2.      Bapak Ketua dan Anggota DPRD Tanah Datar
3.      Bapak Sekretaris Daerah Kab. Tanah Datar
4.      Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tanah Datar
5.      Ibu Lisda yang telah mengurus persiapan keberangkatan
6.      Bapak Elfan yang bermurah hati dalam mengurus dokumen perjalan.
7.      Bapak Prof Dr Ismet Fanany dan Ibu Dr. Rebbeca Fanany yang sudah memandu kami selama berada di Melbourne.
8.      Istri penulis (Emi Surya) dan kedua anaknya (Mhd Fachrul Anshar dan Nadhilla Azzahra) yang sering tanpa ditemani dan juga berbagai pihak lain yang namanya tidak bisa disebutkan satu persatu.
Tidak ada gading yang tidak retak. Buku pengalaman perjalanan ini agaknya masih ada  kekurangan dan butuh kritikan positif dari pembacanya. Kritikan positif dapat disampaikan melalui email marjohanusman@yahoo.com. Atas perhatian  dari pembaca  penulis  ucapkan ribuan  terima kasih.
                                                                                      Melbourne, Desember  2012
                                                                                                  Marjohan, M.Pd



Marjohan, UNP

Marjohan, UNP

Emi Surya Joe

Emi Surya Joe

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Islamic mysticism - Selections from Encyclopaedia Britannica

Marjohan Usman

Marjohan Usman
a day before graduation day

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980
Ada kesalahan di dalam gadget ini

ular luncur 2

ular luncur 2

ular luncur

ular luncur

Label

Blogger Dashboard

The Daily Panorama Picture