Sabtu, 28 Desember 2013

Wisata di Jepang



 Wisata di Jepang
1) Metropolitan Tokyo
Aku bersama teman- teman menikmati jalan- jalan yang sangat asyik di Tokyo[1]. Kami mengunjungi Tokyo tower….(Turis Canada mengira kalau aku orang Chinese, atau orang Jepang dan orang Jepang mengira aku orang Jepang totok- sehingga mereka memakai bahasa Jepang totok pula denganku). Banyak alasan mengapa kita tertarik untuk mengunjungi kota ini, keindahan bunga sakuranya, tata perkotaan yang rapi serta pertumbuhan ekonomi yang pesat membuat kota ini paling terkenal di Jepang. Kota ini juga terkenal sebagai ibukota negara Jepang dengan jumlah penduduk terpadat di negara sakura ini.
Ketika berjalan menyusuri Tokyo, kami terpukau melihat kebersihan di sekeliling kawasan ini. Namun secara keseluruhannya kota-kota di Jepang memang sangat terjaga kebersihannya. Tidak hanya di jalan-jalan utamanya saja, tetapi ketika memasuki gang-gang kecil pemandangan yang serupa dapat kita jumpai. Mayarakat Jepang memang dikenal sangat peduli lingkungannya dan mempunyai sikap yang ramah terhadap orang lain. Hal ini ditunjukkan dengan budaya orang Jepang yang selalu membungkuk (dalam bahasa Jepangnya: Ojigi) ketika berkenalan, bertamu di rumah orang, meminta maaf bahkan mengatakan permisi dengan orang lain. Oleh karena keramahannya jangan heran bila kita sedang berwisata ke Jepang dan hendak mencari informasi tempat yang sedang dicari, orang Jepang tidak enggan untuk mengantarkan kita  ke tempat tersebut.
Untuk memulai perjalanan di kota ini, kami bingung harus memulai dari mana karena banyaknya tempat-tempat yang menarik dan layak dikunjungi. Kami ingin mengunjungi Tokyo Tower yang terletak di Shiba Koen (Taman Shiba). Tinggi keseluruhannya mencapai 332,6 m. Selain berfungsi sebagai antena pemancar siaran radio dan TV analog, tower ini dijadikan sebagai ikon dari Tokyo. Para pengunjung diizinkan naik ke atas dengan menggunakan elevator.  Pada ketinggian sekitar 120-125 meter terdapat dua lantai observasi utama dan lantai observasi khusus pada ketinggian 223 meter. Dari lantai observasi ini pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan kota Tokyo. Namun pengunjung tidak diperbolehkan sampai ke Lantai 5 karena lantai ini diisi berbagai perangkat saluran televisi dan tidak dibuka untuk umum.
Uniknya ketika malam hari, pemandangan dari Tokyo Tower akan semakin terlihat anggun karena dihiasi dengan lampu-lampu yang disesuaikan dengan musimnya. Lampu berwarna orange dinyalakan di kala musim semi, musim gugur dan musim dingin. Sementara itu lampu berwarna putih dinyalakan saat musim panas. Hal ini bertujuan memberikan efek sejuk bagi pengunjung.
Setelah asyik melihat kemegahan Tokyo Tower yang bentuk bangunannya seperti Menara Eiffel di Paris, saatnya kami memanjakan diri (maklum masa kecil kami yang kurang bahagia…ha…ha..!!!) dengan mengunjungi Pokemon Center Tokyo yang berada di Hamamatsucho, Tokyo. Tokoh atau karakter yang dimainkan dalam serial TV animasi Jepang ini sempat menarik perhatian anak-anak. Di Pokemon Center Tokyo ini semua barang-barang yang berbentuk dan terdapat gambar Pokemonnya di jual di sini.
Tak lengkap rasanya jika jalan-jalan di Tokyo tanpa mengunjungi Ueno Park yang berada di Taito. Di tempat ini kita dapat melihat keindahan bunga khas Jepang yaitu Bunga Sakura yang semakin cantik apabila sedang bermekaran. Waktu yang pas untuk melihat keindahan Bunga Sakura yang sedang mekar ialah saat musim semi yang datang sekitar bulan April. Warna-warna bunga akan berubah menjadi merah muda nan cantik. Pemandangan lainnya di sekitar Ueno Park ini adalah sebuah patung terkenal yang melegenda di Jepang, yaitu Saigo Takamori bersama seekor anjingnya. Selain itu, di tempat ini terdapat Kuil Yushima Tenjin Shrine. Kuil ini didirikan pada tahun 1355 dan menjadi tempat yang sangat populer bagi para pelajar untuk berdoa agar sukses dalam ujian sekolahnya.
2) Disneyland Tokyo
Selama tinggal di Jepang aku juga pergi berlibur ke   Disneyland Tokyo. Aku merasa rugi kalau tidak sempat pergi ke sana. Kita bisa bertemu dengan tokoh kartun. Ini sangat bagus untuk mengembangan daya khayal/ imajinasi anak- anak. Disneyland Tokyo adalah taman rekreasi Disney dengan luas mencapai 465,000 m² dan merupakan taman rekreasi dan resort Disney pertama yang dibangun di luar Amerika. Dibangun oleh Walt Disney Imagineering, taman rekreasi ini dibuat mirip dengan Disneyland yang terletak di Anaheim,California. Disneyland Tokyo terbagi dalam 7 area yaitu: Bazar Dunia/World Bazaar, ini  adalah nama lain untuk Mainstreet U.S.A.Disini terdapat Pulau Petualang/Adventureland, Pulau Barat/Westernland, Critter Country, Pulau Fantasi/Fantasyland, Kota Kartun/Toon Town, dan Pulau Esok/Tomorrowland.
3) Kyoto
Kami juga sempat pergi jalan- jalan atau berlibur ke Kyoto. Disana kami melihat objek sejarah, seperti kuil. Kota Kyoto ibarat kota Bukittinggi di Sumatera. Kyoto merupakan kota yang berada di Pulau Honshu yang merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Di Kyoto terdapat banyak sekali situs bersejarah dan tempat wisata alam yang akan memanjakan mata dan bathin setiap pengunjungnya. Pada masa lampau, kota indah ini kerap disebut dengan Rakuchu, Kyoraku atau Rakuyo. Penamaan tersebut ternyata mengikuti kebiasaan Tiongkok yang memiliki ibukota di Rakuyo.
Didalam kota terdapat beberapa aliran sungai seperti Kamogawa yang alirannya bersatu dengan Takanogawa di Timur, Katsuragawa di Barat dan Ujigawa di Selatan. Posisinya berapa di Lembah Kyoto atau disebut juga dengan Lembah Yamashiro yang dikelilingi oleh tiga gunung yakni Kitayama, Higashiyama dan juga Nishiyama. Karena lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan inilah menyebabkan iklimnya bersifat iklim darat sehingga perbedaan suhu antara siang dan malam atau antara musim dingin dan musim panas cukup besar.
Pada bagian pusat kotanya didesain berbentuk kotak-kotak laiknya papan catur, dengan bentuk jalannya yang sebagian besar jalan lurus. Setiap jalannya, sama seperti di Indonesia, memiliki penamaannya tersendiri dan di setiap persimpangan jalannya diberinama sesuai dengan nama jalan yang bertemu.
Kyoto memiliki sekitar 17 situs yang disebutkan dalam daftar warisan dunia (UNESCO), terdapat 34 universitas, 24 museum dan ada ratusan candi dan kuil. Bertandang ke Kyoto akan membawa kita  pada penemuan objek yang merupakan perpaduan antara tradisionalitas dengan modernitas. Ada banyak tempat yang menarik untuk kita kunjungi di Kyoto ini seperti Arashima Park yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal dengan dominasi bunga-bunganya. Kita  juga dapat melihat 110 jenis tanaman bamboo di Kyoto City Rakusai Bamboo Botanical Garden. 
4) Mesjid Kobe
Masjid Kobe Muslim terletak di Nakayamatedori, Chuo-ku, Kobe City, Hyogo. Masjid tua ini dibangun tahun 1935 dengan biaya yang diberikan oleh para pedagang muslim dan warga muslim yang tinggal di Kobe saat itu.  Pada tahun 1955 Kobe mengalami gempa bumi namun masjid ini bisa bertahan hanya kaca bangunan yang mengalami sedikit kerusakan, selain itu masjid ini juga dijadikan tempat berlindung oleh warga sekitar. Mesjid Kobe Muslim ini berada di salah satu area terbaik untuk di kunjungi turis. Area ini bagunan tua western-style mulai dari restorandan toko makanan. Tempat ini juga tempat paling populer bagi pengunjung muslim.
Aku beruntung bisa mengunjungi Mesjid ini. Kebetulan saat itu di bulan Ramadhan, jadi aku bisa sholat bareng dengan jemaah muslim lainnya. Mereka adalah warga Pakistan, Bangladesh, beberapa keturunan Arab dan juga ada orang Jepang yang beragama Islam. Ceramahnya ada dalam bahasa Inggris dan juga dalam bahasa Jepang. Aku hanya mengerti ceramah dalam bahasa Jepang.
5) Universal Osaka
Dalam sebuah liburan kami pergi jalan-jalan ke Osaka. Kami pergi dengan menggunakan Shinkansen( kereta tercepat di Jepang). Di sana kami mengunjungi Universal Studios Japan- bagus sekali. Di sana, kami bermain dengan beberapa permainan seperti Terminator 3,ET.Jaws,dan lainnya. Pengalaman yang sangat menyenangkan sekaligus melelahkan.
Kami juga pergi ke Osaka zoo. Hebatnya bahwa disana hewannya tidak terkurung, tetapi dilepas dan kita melihat dari dalam mobil, melihat atraksi anjing laut, ikan lumba- lumba dan panda. Osaka zoo berada di kompleks Taman Tennoji. Didalamnya ada banyak satwa yang dilindungi, dimana salah satunya ada Panda merah dan Koala yang biasanya menjadi pusat perhatian pengunjung.
6) Nagano
Aku bersyukur karena bisa berlibur ke Nagano. Kami bisa main ski dan snowball- bola salju. Tiga tahun di Jepang, tidak mungkin ya kiranya kalau aku tidak mencoba untuk main ski. Aku coba main ski di ski-resort dekat Hakuba, Nagano dalam musim dingin. Kami dalam grup kecil menggunakan tiket ju-hachi-kippu (tiket kereta yang bisa digunakan untuk seluruh kereta lokal untuk perjalanan dengan grup.
Tujuan pertama: Hakuba, Nagano untuk main ski. Dengan kereta lokal, perjalanan terasa panjang, sampai Hakuba siang hari  kami cari informasi dan menemukan info bahwa hostel dan ski resort bisa kami dapat dicapai dengan bis hanya 1,5 jam, dan artinya kami masih bisa sampai sana sore hari dan merasakan main-main ski. Kami bertanya pada penjaga guest hotelnya bagaimana kalau kami mau main ski- sipenjaga memberitahu kami bahwa terdapat beberapa tempat penyewaan sepanjang jalan menuju Hakuba resort (agak jauh dari hotel kami, kurang lebih 1 km).
Dengan mengucapkan Arigatou gozaiamsu, kami meluncuuurrr. Sampai di rental perlengkapan ski, kami harus main sendiri. Astaga…..ternyata main ski itu susah. Kami gak bisa sama sekali main ski, tapi gak mau rugi, mau tetap liat ski resort, main sama salju.
Lalu mulailah kami mencari-cari kegiatan. Kami merental sliding yang biasanya digunakan anak-anak. Kemudian mulailah kami meluncur dengan sliding itu bergantian. Bosan sliding, kami liat ada nihon-jin lucu bawa-bawa alat ski. Lalu kami dekati, kami pinjam alat ski dan kami poto-poto dengan alat ski itu, serasa profesional skiing hahaha. Lalu pinjam snowboard nihon-jin dan kembali poto-poto. Hahahahha. Entah apa yang ada dalam pikiran nihon-jin itu, kami tidak peduli.
7) Mencoba Baju Kimono
Ada- ada saja pengalamanku di Jepang. Karena mataku agak sipit maka aku dianggap orang Jepang sehingga mereka pake bahasa Jepang totok dan aku tidak mengerti. Aku punya pengalaman indah dalam memakai kimono.
Kimono adalah pakaian tradisional Negeri Sakura itu (Jepang), kalau di Indonesia "Kebaya". Kalau di Indonesia yang memakai kebaya hanya para wanita, lain halnya dengan di Jepang. Kimono dapat di pakai oleh pria dan wanita, tetapi kimono pria berbeda dengan kimono wanita. Kimono untuk wanita biasanya berbentuk baju terusan serta sabuk yang dililitkan di pinggang atau perut (biasanya disebut obi) sedangkan untuk pria kimononya berbentuk setelan. Aturan memakai kimono yaitu kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri (lihat gambar). Alas kaki sewaktu kita mengenakan kimono disebut geta atau zoori. Sebelum orang Jepang mengenal pakaian Barat, mereka setiap hari memakai kimono.
Namun sekarang kimono hanya dipakai oleh para wanita saja, itu pun kalau ada acara khusus atau istimewa saja. Ternyata kimono ada tingkatanya dan kimono juga bisa menunjukkan umur si pemakai, status perkawinan dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Untuk kimono wanita:
a). Kurotomesode adalah kimono yang paling formal untuk wanita yang sudah menikah. Kuro artinya Hitam jadi kurotomesode berarti Tomesode Hitam. Semua kimono yang berwarna hitam disebut kurotomesode. Kurotomesode dipakai untuk menghadiri resepsi pernikahan dan acara-acara yang sangat resmi. 
b) Irotomesode adalah kimono yang terbuat dari kain berwarna, boleh warna apa saja bukan cuma hitam seperti kurotomesode. Irotomesode bisa dipakai oleh para wanita yang sudah menihak maupun yang belum menikah. Irotomesode biasanya dipakai untuk menghadiri suatu acara dimana kita tidak diperbolehkan untuk memakai kurotomesode misalnya acara resepsi di Istana Kaisar.
c). Furisode adalah kimono paling formal untuk wanita yang belum menikah, terbuat dari bahan yang berwarna-warni dan motif di seluruh bagian. Ciri khas furisode adalah lengan yang sangat lebar dan menjuntai kebawah.  Furisode ini dapat dikenakan untuk menghadiri acara seijin shiki, menghadiri resepsi pernikahan teman, dan wisuda.
d). Iromuji adalah kimono semiformal, namun bisa beralih fungsi menjadi formal apabila diberi lambang keluarga (kamon) sesuai dengan tingkat formalitasnya. Dapat dikenakan untuk menghadiri acara penikahan atau pesta pernikahan.


[1] http://ezytravel.co.id/blog/jalan-jalan-asyik-ke-tokyo.html

Marjohan, UNP

Marjohan, UNP

Emi Surya Joe

Emi Surya Joe

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Islamic mysticism - Selections from Encyclopaedia Britannica

Marjohan Usman

Marjohan Usman
a day before graduation day

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980
Ada kesalahan di dalam gadget ini

ular luncur 2

ular luncur 2

ular luncur

ular luncur

Label

Blogger Dashboard

The Daily Panorama Picture