Senin, 29 Februari 2016

“Cinta Palsu” Beredar Luas di Kalangan Orang Muda Termasuk Mahasiswa

“Cinta Palsu” Beredar Luas di Kalangan Orang Muda Termasuk Mahasiswa

Usia saya tidak muda lagi dan masa remaja sudah lama meninggalkan saya, namun kali ini saya bikin tulisan yang berjudul: “Cinta Palsu” Sudah Menjadi Fenomena di Kalangan Orang Muda. Judul ini muncul setelah saya mengikuti tema program pada 2 buah TV swasta.
Terus terang saya bukan penggemar acara berisi hura-hura atau yang berbau remaja alay. Anak- anak saya dan juga istri saya hampir tiap sore asyik mengikuti topik topik pembahasan dalam 2 program TV swasta nasional. TV ini adalah Trans TV dan juga Trans 7.
Dimana-mana saya duduk- maksudnya di warung, di lobby, dan di rumah orang, saya kerap menemui banyak orang lebih suka memilih TV swasta ini. Mungkin karena program siarannya lebih unik dibanding dengan TV lain yang isinya banyak bertemakan film yang ending topiknya dapat ditebak, atau program TV yang selalu menayangkan kehidupan politik yang carut marut.
Akhirya saya juga coba mengikuti salah satu program yang diminati oleh keluarga saya yaitu program “Katakan Putus” di Trans TV. Juga program “Rumah Uya” di Trans 7. Kedua-dua TV ini programnya cukup kompak dibawah arahan Trans Media- ini menurut saya.
Kesannya acara Rumah Uya ini agak hura-hura, namun diakhir acara ada pelajaran yang diperoleh. Yaitu jangan terjebak dalam cinta yang salah. Begitu juga dengan acara Katakan Putus, yang berharap sepasang tokoh yang hubungan pacarannya diterpa masalah agar segera putus dan ada pelajaran bagi sang tokoh yang gemar memberi PHP (Pemberian Harapan Palsu) atau PHO (Penggaggu Hubungan Orang).
Bedanya bahwa kalau acara Rumah Uya. Ini semacang Talk Show. Rumah Uya mendatangkan tokoh (sepasang orang muda) yang diterpa masalah cinta. Tentu saja mereka datang dan rela problem mereka buat diekspos. Biasanya ada seorang Cowok gateng yang mencintai gadis dan secara diam diam juga mencintai pacar orang. Kemudian mereka berbohong untuk saling merayu dan saling menutupi modus cintanya. Lihat dulu foto icon Rumah Uya..dibawah ini !!
Wah salah upload. Itu icon buat Trans Tv yaitu "Katakan Putus" Ini yg dibawah baru icon buat Rumah Uya di Trans 7.

Tidak mutlak Cowok ganteng yang membuat masalah, pada beberapa sesi juga ada seorang Cewek Cantik yang jatuh cinta dengan seorang pemuda dan entah apa prinsipnya maka dia juga mencintai pemuda lain, dan kerap pemuda itu juga mengkhianati kekasihnya yang setia.
Pada acara Katakan Putus, awak Trans TV menemani tokoh yang mengalami korban cinta. Bisa jadi ia seorang wanita yang cintanya dikhianati oleh kekasihnya yang munafik- pura pura cinta sejati, namun dibalik itu ia adalah pengkhianat sejati. Juga bisa jadi ia adalah seorang cowok yang dengan enteng menaklukan hati wanita dan sekaligus menkhianati beberapa wanita.
Awak Trans TV menemani sang korban untuk berburu dan membongkar kepalsuan cinta. Dalam satu episode terbongkarlah kepalsuan kepalsuan cinta. Rata rata tokoh-tokoh cinta yang penuh dengan kepalsua itu jago bersandiwara- manis mulut, cantik dan ganteng, berdandan modist. Ini semua kelebihannya untuk menaklukan dan sekaligus mengibuli hati dan cinta pasangannya.
Terkesan bagi saya bahwa banyak cinta yang ditawarkan dan dilakoni oleh orang muda- umumnya mereka adalah mahasiswa- penuh kepalsuan. Apakah dia wanita atau pria, ketika dia menjalin komunikasi dan menjalin cinta dengan seseorag maka pada saat yang sama dia juga mempunyai PIL (Pria Idaman Lain) atau WIL (Wanita Idaman Lain).
Saya salut dengan kehidupan cinta masa lalu, karena lebih awet, sehat dan tahan lama. Nggak percaya..??? Coba lihat kehidupan cinta ayah dan ibu anda. Mereka sudah menikah lebih dari 20 tahun dan cinta mereka awet. Atau lihat cinta kakek- nenek anda. Usia cinta mereka sudah puluhan tahun, ya lebih tua dari usia ibu anda. Dan sungguh kita kagum atas kualitas cita mereka.
Sebaliknya coba simak kisah cinta anak anak muda sekarang dan juga para tokoh selebrity. Ya sangat rentan dan mudah hancur. Saat mereka jatuh cinta, keromantisan mereka diuber dan diekspos ke publik seolah-olah merekalah yang paling bahagia dan paling beruntung di dunia ini. Namun beberapa bulan kemudia cinta mereka berantakan. Malah kalau mereka dah punya anak, anak mereka menderita menjadi korban ...hidup tanpa ayah atau tanpa ibu. Cukup banyak anak-anak dirawat dan dibesarkan oleh single parent. Dibesarkan oleh single parent yang galau...dan kelak anak mereka juga tumbuh kurang sehat emosi dan jiwanya.
Apa sih penyebab keretakan cinta remaja sekarang ? Mengapa orang muda sekarang rentah mudah putus cita, bercerai, konflik perkawinan ? Mengapa perkawinan orang muda sekarang kalah sehat dari perkawinan generasi lama- Ayah ibu dan kakek nenek mereka ? Salah satu penyebabya adalah “Media Sosial” degan SMS dan chattingannya. Kalau begitu FACEBOOK, TWITTER, INSTAGRAM, WHASUP, LINE, BBM, dll adalah racun bagi kelanggenangan cinta. Ya Mengapa ???

SMS dan Chatting Salah Satu Penyebab Perceraian. Melihat meriahnya sebuah pesta perkawinan, rasanya tidak ada pasangan yang bercita-cita untuk bercerai. Bukan berarti sebuah bahtera perkawinan akan langgeng sampai akhir hayat. Tidak jarang, bahtera perkawinan itu akan pecah ditengah perjalanan dengan berbagai sebab, salah satunya adalah gangguan pihak ketiga.
Selama ini, Kabupaten Aceh Tengah dikenal sebagai daerah yang “adem,” warganya rukun, angka perceraian rendah karena kentalnya ikatan kekerabatan. Namun, warga Kabupaten Aceh Tengah terkaget-kaget membaca data perceraian yang dilansir media online Lintas Gayo, Sabtu (9/3/2013). Baru memasuki bulan ketiga 2013, Mahkamah Syar'iyah (Pengadilan Agama) Takengon telah memutuskan 58 perkara cerai gugat dari 155 perkara yang diterima pengadilan itu. Apa penyebabnya? Menurut Drs HM Yacoeb Abdullah, Ketua Mahkamah Syar'iyah Takengon, perceraian itu terjadi disebabkan, antara lain karena krisis moral, tidak ada tanggung jawab, penganiayaan berat, cacat biologis (impotensi-pen), poligami, kawin paksa, cemburu dan gangguan pihak ketiga.
Memang, akhir-akhir ini gangguan pihak ketiga menjadi trend baru runtuhnya sebuah bahtera rumah tangga. Lebih-lebih setelah hampir semua kawasan Aceh Tengah terjangkau jaringan handphone dan maraknya penggunaan media jejaring sosial. Ditengarai, SMS dan chatting menjadi alat pihak ketiga untuk berkomunikasi dengan isteri/suami orang lain sehingga berpotensi mengganggu rumah tangga pasangan lainnya. Berawal dari sebuah SMS iseng yang menanyakan kabar, lama-lama menjadi ajang curhat.
Begitu saling curhat, terbukalah berbagai hal yang terkait dengan problem rumah tangga kedua belah pihak. Setelah curhat, SMS mengarah ke masalah yang lebih pribadi, sampai akhirnya membuat janji pertemuan disebuah tempat diluar kota. Itulah sepenggal pengakuan yang diungkapkan HA (40) seorang laki-laki yang harus didamaikan oleh cerdik pandai.
Bercerai dari Suami Akibat Kecanduan Chatting (ummuraihanah: http://jilbab.or.id/archives/403-bercerai-dari-suami-akibat-kecanduan-chatting). Duh,…siapa yang tidak kenal dengan chatting?? Rasanya hampir sebagian besar umat manusia diatas muka bumi ini mengenal chatting dengan baik,…bahkan amat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari.Sarana yang satu ini memang sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang jauh dari keluarga,handai taulan,teman atau saudara dan yang lainnya.
Enak mengobrol di sini karena selain murah juga praktis ditambah teknologi sekarang yang bisa memuat suara kita didalamnya sekaligus webcamnya maka jadilah berkomunikasi jarak jauh ini nyaris sempurna.Orang jadi lebih suka memilih teknologi ini dibandingkan dengan komunikasi lewat telpon karena biayanya yang tidak murah selain itu Penelpon tidak bebas ngobrol karena teringat biaya pulsa yang bisa aja membengkak!!Akan tetapi tahukah anda bahwa dibalik itu semua bagi mereka yang tidak pandai menggunakannya bisa terfitnah dengannya,..terfitnah dengan chatting kok bisa?? Ya…bisa bahkan ada salah satu akhwat muslimah tertinah dengan chatting ini,..sampai ia harus bercerai dengan suaminya gara-gara chatting ini,…kisah nyata yang perlu kita baca untuk diambil ibrahnya
Kisah ini terjadi di Lebanon berdasarkan apa yang saya dengar lewat kajian bersama ustadz di majelis ilmu syar’i…ustadz menguraikan kisah ini agar bisa menjadi perhatian bagi muslimah disini (Sydney) agar mereka berhati-hati terhadap chatting ini dan tidak melayani sapaan dari laki-laki yang suka iseng menggoda lewat chatting ini…
Beliau adalah seorang wanita muslimah yang alhamdulillah Allah karuniakan kepadanya seorang suami yang baik akhlak dan budi pekertinya.Dirumah iapun memilki komputer sebagaimana keluarga muslim lainnya dimana komputer bukan lagi merupakan barang mewah di Lebanon.Sang suami pun mengajari bagaimana menggunakan fasilitas ini yang akhirnya beliaupun mahir bermain internet.Yang akhirnya iapun mahir pula chatting dengan kawan-kawanya sesama muslimah.
Awalnya ia hanya chatting dengan rekannya sesama muslimah,…hingga pada suatu hari ia disapa oleh seorang laki-laki yang mengaku sama-sama tinggal dikota beliau.Terkesan dengan gaya tulisannya yang enak dibaca dan terkesan ramah..sang muslimah yang telah bersuami ini akhirnya tergoda pada lelaki tersebut.
Bila sang suami sibuk bekerja untuk mengisi kekosongan waktunya beliau akhirnya menghabiskan waktu bersama dengan lelaki itu lewat chatting ,…sampai sang suami menegurnya setiba dari kerja mengapa ia tetap sibuk diinternet.Sang istripun membalas bahwa ia merasa bosan karena suaminya selalu sibuk bekerja dan ia merasa kesepian,… ia merahasiakan dengan siapa ia chatting ..khawatir bila suaminya tahu maka ia akan dilarang main internet lagi….sungguh ia telah kecanduan berchatting ria dengan lekai tersebut.
Fitnahpun semakin terjadi didalam hatinya,..ia melihat sosok suaminya sungguh jauh berbeda dengan lelaki tersebut, enak diajak berkomunikasi, senang bercanda..dan sejuta keindahan lainnya dimana setan telah mengukir begitu indah didalam lubuk hatinya,..
Duhai fitnah asmara semakin membara,…ketika ia chatting lagi sang laki-laki itupun tambah menggodanya,..ia pun ingin bertemu empat mata dengannya..Gembiralah hatinya,..iapun memenuhi keinginan lelaki tersebut untuk berjumpa.Jadilah mereka berjumpa dalam sebuah restoran,..lewat pembiacaran via darat mereka jadi lebih akrab.Dari pertemuan itu akhirnya dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya….
Hingga akhirnya si lelaki tersebut telah berhasil menawan hatinya,..sang suami yang menasehati agar ia tidak lama-lama main internet tidak digubrisnya..Akhirnya suami wanita ini menjual komputer tersebut karena kesal nasehatnya tidak di dengar,…lalu apa yang terjadi ?? Langkah itu (menjual komputer) membuat marah sang istri yang akhirnya iapun meminta cerai dari suaminya.Sungguh ia masih teringat percakapan manis dengan laki-laki terse but yang menyatakan bahwa ia sangatlah mencintai dirinya, dan ia berjanji akan menikahinya apabila ia bercerai dari suaminya.
Sang suami yang sangat mencintai istrinya tersebut tentu saja menolak keputusan cerai itu,..karena terus didesak sang istri akhirnya iapun dengan berat hati menceraikan istrinya.Sungguh betapa hebatnya fitnah lelaki itu.Singkatnya setelah ia selesai cerai dengan suaminya iapun menemui lelaki tersebut dan memberitahukan kabar gembira tentang statusnya sekarang yang telah menjadi janda.Lalu apakah si lelaki itu mau menikahinya sebagaimana janjinya???
Ya,..ukhti muslimah dengarlah penuturan kisah tragis ini,…dengan tegasnya silelaki itu berkata “Tidak!! Aku tidak mau menikahimu! Aku hanya mengujimu sejauh mana engkau mencintai suamimu,ternyata engkau Hanyalah seorang wanita yang tidak setia kepada suami.Dan, aku takut bila aku menikahimu nantinya engkau tidak akan setia Kapadaku! Bukan ,..bukan..wanita sepertimu yang aku cari, aku mendambakan seorang istri yang setia dan taat kepada suaminya..!” Lalu ia pun berdiri meninggalkan wanita ini,..sang wanita dengan isak tangis yang tidak tertahan inipun akhirnya menemui ustadz tadi dan menceritakan Kisahnya….iapun merasa malu untuk meminta rujuk kembali dengan suaminya yang dulu…mengingat betapa buruknya dia melayani suaminya dan telah menjadi istri yang tidak setia.

Sungguh kisah diatas patut untuk direnungkan bersama semoga kita semua ukhti muslimah tidak terfitnah dengan sarana ini (chatting ini),..dan agar lebih waspada serta hati-hati…bila ada yang ingin menggodamu maka acuhkan saja,…selain karena resikonya yang tinggi (kita tidak tahu siapa dia)mungkin ia hanya ingin meluangkan waktu senggangnya dengan menggoda anda…Mudah-mudahan Allah senantiasa melindungi kita.Dan, penulis berdo’a semoga peristiwa diatas tidak menimpa muslimah lainnya.amiin.

Marjohan, UNP

Marjohan, UNP

Emi Surya Joe

Emi Surya Joe

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Islamic mysticism - Selections from Encyclopaedia Britannica

Marjohan Usman

Marjohan Usman
a day before graduation day

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980
Ada kesalahan di dalam gadget ini

ular luncur 2

ular luncur 2

ular luncur

ular luncur

Label

Blogger Dashboard

The Daily Panorama Picture