Jumat, 06 Mei 2016

TEMAN ADALAH TEMPAT BERBAGI BAGI KITA



TEMAN ADALAH TEMPAT BERBAGI BAGI KITA
Teman bisa anda temukan dimana saja, kampus, tempat les, tetangga dekat rumah, bahkan tempatmu bekerja. Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja tentu bisa memberikan banyak keuntungan bagi anda. Namun, hubungan yang baik tentu perlu dibangun dan dijaga. Apa yang harus dilakukan untuk membentuk dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja?
Teman adalah tempat seseorang berbaki suka dan duka. Sebaik baiknya teman haruslah membawa dampak positif pada diri seseorang. Jika ingin mengetahui termasuk tipe orang seperti apa kita, lihatlah teman sekeliling anda. Ada empat jenis teman yang patut anda miliki menurut Robert Wick, seorang professor psikologi
  1. Tipe pengkritik
Teman dengan tipe jenis ini akan selalu mengingatkan ketika kita melakukan suatu kesalahan . Tanpa diminta pun ia akan selalu mengkritik bila kita melakukan suatu hal yang menyimpang. Tipe ini sangat baik untuk mengingatkan kita pada jalan yang benar, meskipun kadang menyakitkan mendengar kritiknya yang agak pedas.
  1. Tipe pendukung
Anda yang memiliki teman seperti ini sangat beruntung, karena teman tipe ini akan selalu mendukung apa yang anda lakukan dan ikut bahagia dengan kesuksesan anda. Anda akan selalu merasa semangat dan termotivasi bila berada dekat dengannya
  1. Tipe pengembira
Mungkin tipe seperti ini yang lebih banyak disukai. Teman dengan tipe pengembira akan selalu membuat anda ceria kembali disaat anda sedih dan berduka. Rasanya tidak lengkap jika berkumpul tapi tidak ada teman yang satu ini. Disaat anda frustasi dan depresi, teman seperti inilah yang banyak membuat anda tertawa
  1. Tipe pembimbing
Anda akan merasa lebih bahagia ketika memiliki teman tipe ini. Berada didekatnya akan membuat anda merasa tenang dan damai. Ia pun akan selalu memberi  masukan dan nasehat yang berguna dikala anda membutuhkannya. Rasanya hidup anda menjadi terarah karena ada teman yang memberi  masukan penting untuk hidup anda.

Jika anda belum memiliki teman teman seperti di atas, sebaiknya mulailah mencari karena saling berbagi karena teman yang seimbang akan membuat hidup anda lebih seimbang. Andapun bisa terhindar dari penyakit stress dengan saling berbagi dengan mereka.
Pekerjaan merupakan profesi dimana anda harus bisa membedakan mana urusan pribadi dan mana yang bukan. Itulah mengapa sikap tegas anda sangat dibutuhkan. Anda tidak perlu menunjukkan bahwa dia yang salah dan anda yang benar. Dan andapun tidak harus menanggung kesalahannya hanya karena dia teman dekat anda. Anda hanya perlu menjelaskan kronologisyang ada, dan biarkan orang lain yang menilai. Begitupun ketika dia melimpahkan pekerjaannya  kepada anda. Ketika pekerjaan itu bisa anda lakukan dengan baik, tidak tertutup kemungkinan suatu saat daftar pekerjaan anda kan bertambah. Atau ketika ada kesalahan didalamnya, andalah yang akan terbebani pada akhirnya.
Namun, tidak semua rekan kerja akan berlaku buruk terhadap anda. Oleh karenanya, akan lebih baik jika anda membatasi kedekatan anda dengan rekan kerja anda. Sebaik baiknya seseorang berteman, pasti aka nada pertengkaran sekali sekali. Bayangkan kalau dia adalah salah seorang rekan kerja anda, apakah anda bermusuhan dengannya selama bekerja? Tentu ini akan mengganggu pekerjaan anda bukan?
Beberapa orang menganggap bahwa ketika hubungan kerja berubah menjadi personal, maka profesionalitas dalam pekerjaan tidak lagi bias dicapai. Padahal sering, seiring dengan lamanya anda bekerja, rekan kerja anda bias dianggap laksana keluarga kedua. Anda tidak akan pernah tahu siapakah rekan rekan kerja yang akan menjadi sahabat anda hingga tua nanti. Nah yang harus anda lakukan antara lain:
  1. Focus pada pekerjaan anda, juga jangan terlalu mengabaikan pekerjaan rekan anda
  2. Luangkan waktu anda sesekali untuk pergi bersama diluar jam kerja
  3. Jangan terlalu memaksakan keakraban dan bersikaplah apaadanya
Jadi anda hanya perlu menjaga hubungan baik terhadap rekan kerja anda dan tetap berlaku professional terhadap pekerjaan anda
  1. Dengarkan.
Dalam dunia kerja yang penuh dengan tenggat waktu dan kesibukan, Anda seringkali lupa untuk mendengarkan . seorang rekan kerja mungkin memiliki ide yang brilian jika anda mau berhenti dan mendengarkannya sejenak. Mendengarkan teman kerja juga sebagai salah satu bentuk anda menghargai ide-idenya dan tanda bahwa anda tidak bersikap egois.
  1. Percaya.
Langkah pertama untuk membangun kepercayaan dalam bekerja dimulai dengan mulai menunjukkan bahwa anda percaya pada rekan kerja anda. Dipercaya secara professional akan meningkatkan rasa percaya diri rekan kerja anda. Jangan khawatir jika anda pernah kecewa padanya, karena kepercayaan memang membutuhkan waktu.
  1. Mengatasi masalah.
Mengatasi masalah secara bersama juga bias memperserat hubungan anda dengan rekan kerja. Cobalah selesaikan masalah dengan cara yang baik, dengan tidak memicu perselisihan atau konflik. Kebanyakan masalah pekerjaan bias diselesaikan dengan diskusi secara terbuka dan komunikasi.
  1. Mulai  duluan.
Hubungan baik tidak akan bias didapatkan jika tak ada yang memulainya. Cobalah untuk terlebih dulu memulai, misalkan dengan meminta bantuannya pada saat-saat sulit atau memujinya saat dia melakukan hal yang baik. Sekedar mengajukan pertanyaan atau berbicara secara ringan juga biasa anda lakukan untuk memulainya.
Source: this article is found from Arjus Putra’s notebook

Marjohan, UNP

Marjohan, UNP

Emi Surya Joe

Emi Surya Joe

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Sylvia Charisma Rostika (Rostian Kasmiati)

Islamic mysticism - Selections from Encyclopaedia Britannica

Marjohan Usman

Marjohan Usman
a day before graduation day

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980

Marjohan, SMPN 1 Payakumbuh 1980
Ada kesalahan di dalam gadget ini

ular luncur 2

ular luncur 2

ular luncur

ular luncur

Label

Blogger Dashboard

The Daily Panorama Picture