Selasa, 23 Januari 2018

Kemampuan Akademik Dan Pengalaman Kerja Yang Berimbang

Kemampuan Akademik Dan Pengalaman Kerja Yang Berimbang

Ilmu Pengetahuan Bisa Jadi Usang
Saya sangat tertarik dengan tulisan Annie Mueller (2015) yang berjudul: work experience versus education- which lands you the best job? Pengalaman kerja versus pengalaman pendidikan- yang mana lebih banyak berpengaruh untuk meraih pekerjaan? Tulisan ini dipaparkannya dalam bentuk tinjauan analisis. Beberapa argumen yang dipaparkannya adalah seperti:
             - Pendidikan tinggi hanya membuktikan bahwa anda hanya sebatas sukses
               dalam bidang akademik, bukan dalam dunia kerja yang nyata.
             - Sukses dalam pekerjaan yang aktual (pengalaman kerja) lebih berarti
               daripada sebatas sukses dalam bidang pendidikan.
            Tinjauan analisis di atas didukung pula oleh pendapat George D Kuh (2015), dia menulis sebuah artikel dengan judul: “the chronicle of higher education”. Ia mengatakan bahwa seorang mahasiswa yang bekerja saat ia masih kuliah akan memperoleh keterampilan yang sangat berguna bagi karirnya kelak. Yaitu seperti keterampilan dalam team work dan manajemen waktu.
            George. D Kuh (2015) menambahkan bahwa para mahasiswa yang bekerja part time (kerja paroh waktu) akan membantu mereka untuk melihat dari dekat tentang nilai keterampilan hidup sesuai dengan teori yang dipelajari dalam kelas dan diapplikasikan dalam pengalaman bentuk nyata. Pengalaman tersebut juga akan punya dampak langsung dengan cita-cita atau karir yang sedang dicari.
            Ilmu pengetahuan (kemampuan akademik) yang kita miliki bisa menjadi usang atau kadaluarsa (expired), kecuali kalau selalu kita perbaharui (update) tiap saat. Gelar kesarjanaan yang diperoleh seseorang 20 tahun lalu, misalnya untuk bidang teknologi, ilmunya bisa jadi tidak begitu terpakai untuk saat ini. Kecuali kalau dia memiliki akumulasi pengalaman kerja yang relevan yang lamanya juga 20 tahun. Dengan demikian pengalaman kerja lebih punya nilai signifikan dibandingan teori yang diperoleh melalui pendidikan sebelumnya.
Sekarang banyak hal-hal lama yang telah berubah. Banyak produk dan manajemen bisnis yang juga berubah. Pada tahun 1960-an, di pergelangan tangan setiap orang nyaris hanya ada arloji “made in Switzerland”. Jam tangan buatan Swiss itu menguasai market share di atas 60%. Namun pada tahun 1980-an market share-nya tinggal 15%. Arloji Swiss tiba-tiba dihajar jam digital buatan Asia. Pada tahun 1970-an, dunia hanya mengenal rol film merek Kodak dan Fuji. Kini Kodak sudah tidak ada, sedangkan Fuji berevolusi ke dunia digital. Apa yang tengah terjadi dengan strong brand itu?   Ini adalah fenomena perubahan ini dengan istilah “Menyerang (disrupting) atau diserang (disrupted), atau fenomena disruption (Rhenald Kasali, 2017).
Disruption agaknya juga bisa terjadi dalam dunia pendidikan. Kalau biasanya mau cedas dan ingin memiliki nilai akademik yang tinggi, mereka pergi ke bimbel, namun kelak tak perlu lagi, karena mereka bisa mengakses Quipper, atau semacam applikasi bimbel (bimbingan belajar). Maka kita sangat direkomendasi untuk memahami berbagai kecendrungan- the life trendy di dunia ini yang selalu berubah- namun kita selalu bisa melatih diri agar selalu memiliki banyak pengalaman hidup ini. 
“Mana yang lebih punya pengaruh signifikan antara pengalaman kerja atau hanya sebatas mencari pengalaman akademik di sekolah/ di kampus?” Demikian paparan pro dan kontra atas pernyataan Annie Mueller (2015). Namun saya ingin menggabungkan kedua titik pandang tersebut menjadi dua kekuatan yang saat ini bermanfaat untuk menuju masa depan. “Bahwa kita perlu memiliki kemampuan akademik dan pengalaman kerja (keerampilanhidup) yang berimbang”.
Saya juga termasuk orang yang mendukung bahwa pengalaman kerja tetap lebih signifikan dari segudang teori. Saya terinspirasi dengan pengalaman hidup (biografi) orang-orang sukses, misalnya dua orang tokoh, Presiden Sukarno dengan pengalaman hidupnya yang dahsyat dan Ciputra dengan pengalaman enterpreneurnya yang yang sangat hebat.
Dari biografi mereka kita tahu bahwa kunci yang membuat mereka jadi hebat atau sukses adalah “karena mereka mempunyai proses kehidupan yang hebat”. Mereka mengalami proses belajar, proses berorganisasi, proses bersosial yang hebat, dan proses kehidupan lain yang mereka ciptakan dan mereka lakoni.

Konsep Sukses di Sekolah
            Bagaimana pendapat banyak remaja tentang apa yang perlu mereka miliki selagi masih sekolah di SLTA, atau bagi mereka yang sedang kuliah di perguruan tinggi sebagai antisipasi untuk meraih masa depan(?) Mayoritas mereka berpendapat bahwa sukses dengan pendidikan merupakan jembatan emas buat meraih mimpi. Pendapat ini mungkin juga benar.
Sekolah yang juga identik dengan dunia akademik, di sana para remaja berlomba agar bisa jadi jagoan dalam bidang akademik. Maka merekalah yang dianggap sebagai seorang yang sukses. Para remaja yang memperoleh juara kelas, juara bidang studi, juara olimpiade, hingga juara umum, ya mereka dapat dikatakan sebagai seorang hero.
            Para orangtua juga berpikiran bahwa putra-putri yang jago  dalam akademik, maka itulah yang dikatakan sukses tersebut. Jadinya mereka rela untuk membebaskan anak dari tanggung jawab ikut mengerjakan house work- membersihkan rumah, menyapu, cuci piring, menutup warung, dll- asal anak mereka bisa ikut bimbel dan melahap semua contoh-contoh soal ujian. Sebab terbayang sudah bahwa kalau sang anak mampu memperoleh ijazah dengan skor- skor yang fantastis, wow dapat dipastikan bahwa jalan toll menuju masa depan sudah terbentang. Sang anak akan melenggang kangkung buat melangkah menuju perguruan tinggi favorit dan setelah itu mimpi mereka akan menjadi kenyataan.
            Adalah fenomena sosial bahwa cukup banyak generasi muda yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, namun terlihat kebingungan. Mereka yang telah menyandang gelar kesarjanaanya terlihat bengong- tak tahu lagi hendak mau dibawa kemana ijazah yang baru saja diterima dari perguruan tinggi(?)
Bahkan juga banyak pemuda dan pemudi yang telah menyelesaikan studi di perguruan tinggi masih memperpanjang kontrak rumah kost mereka agar bisa tinggal lebih lama dan berharap kerja favorit yang mereka impikan bisa jatuh dari langit.  Namun itu semua adalah nonsense !!!
            Karena ternyata tidak ada pekerjaan yang jatuh dari langit. Bahwa pekerjaan itu tidak akan datang mengejar kita dan juga tidak datang dengan mudah. Bahwa kitalah yang wajib mencari pekerjaan atau menciptakan suatu pekerjaan. Ya kesuksesan kerja yang hebat itu kitalah yang menciptakannya.
            Sebuah pendapat umum menyatakan bahwa kalau dahulu, 20 atau 30 tahun lalu, bila ada kelulusan 100% dari sarjana baru, maka yang 80% akan memperoleh pekerjaan, sementara yang 20% menjadi pengangguran. Mereka kemudian menjadi sarjana pencaker- pencari pekerjaan. Fenomena sosial tersebut kemudian berbalik 180 derajat untuk para sarjana hari ini. Yakni dari 100% kelulusan sarjana baru, yang 20% akan mampu memperoleh pekerjaan dan yang 80% menjadi PTT alias Pengangguran Tingkat Tinggi.
            “Siapa sih 20% dari para sarjana baru yang mampu memperoleh pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi?, dari mana mereka berasal? dan apa kegiatan mereka saat di SLTA dan saat jadi mahasiswa?”
Para sarjana yang mampu memperoleh pekerjaan setelah wisuda adalah mereka yang sewaktu masih kuliah tidak terjebak sebagai mahasiswa “kupu-kupu”. Yaitu para mahasiswa yang kebanyakan hanya terfokus pada urusan akademik dan tahunya hanya “kuliah pulang- kuliah pulang”. Atau juga bukan tipe mahasiswa yang terjebak dalam karakter pasif- karakter “D-D-D-D”atau “4D” yaitu tahunya cuma “datang, duduk, dengar, diam”. Namun mereka adalah para mahasiswa yang selain aktif belajar juga ikut melibatkan diri dalam ekskul di kampus dan punya seabrek peran dalam hidup mereka.
            Juga diperkirakan bahwa para sarjana yang mampu memperoleh pekerjaan tidak lama setelah mereka wisuda adalah mereka yang saat menjadi siswa SLTA- di bangku SMA, Madrasyah dan SMK- bukan termasuk tipe siswa yang tahunya hanya jadi anak manis (anak rumahan). Yaitu siswa yang patuh, kaku, kuper, nggak punya banyak waktu buat membuka diri. Namun mereka adalah para siswa yang selain bertanggung jawab dalam belajar, juga meluangkan waktu dan pikiran dalam mengurus kegiatan OSIS di sekolah. Sementara di rumah mereka adalah juga para anak yang juga pinter buat menyenangi hati orangtua- ayah dan ibuya, serta tahu cara menempatkan peran dalam lingkungan sosial.
“Jadinya mereka juga peduli dalam mengurus diri sendiri, merapikan kamar, membantu mama di dapur, menemani papa untuk beres-beres di perkarangan rumah atau ditempat usaha, juga peduli dengan tetangga atau dengan sesama ”.
            Untuk zaman sekarang para siswa yang hanya sebatas jago dalam menaklukan buku, bisa jadi juara kelas dan juara lomba bidang akademik, namun kurang membuka diri dan juga kurang peduli dengan sesama bakal susah kebingungan buat mencari masa depan. Apalagi kalau juga susah diajak ngomong (berkomunikasi) dan susah buat bekerja sama dengan team work. Maka kepintaran mereka hanya bersifat fatamorgana semata- bisa dilihat namun tak dapat buat disentuh. Sementara nilai atau skor-skor yang tinggi pada selembar ijazah tidak akan banyak berguna bagi orang lain. Nilai yang tinggi hanya menjadi persyaratan pertama untuk lulus, untuk diterima, dll.
            “Sekarang begitu banyak pelajar yang pinter di sekolah, ya sebatas  pinter cari nilai dan miskin pengalaman hidup, setelah dewasa hanya mampu jadi wong kecil atau pekerjaan biasa-biasa saja. Sementara itu bagi yang saat remaja- sekolah di SMA/ MA yang pintarnya biasa-biasa saja, namun sangat peduli dengan sesama dan juga aktif dengan kehidupan sosial. Singkat kata dia adalah tipe orang yang cepat kaki- ringan tangan. Senang bekerja dan suka memberi bantuan pada sesama, maka setelah dewasa mereka- alhamdulillah- menjadi orang yang rata-rata tergolong sukses”.
            Kalau demikian bagaima jadinya tentang eksistensi sebuah sekolah?  Ya keberhasilan dalam hidup ini tidak hanya ditentukan semata-mata pada prestasi akademik. Prestasi akademik yang tinggi juga mutlak diperlukan bagi mereka yang juga akan berkarir dalam akademik, mungkin juga untuk menjadi mentor pada bimbel, guru dan dosen. Namun pekerjaan di luar itu sangat direkomendasi untuk memiliki nilai dan keterampilan sosial yang juga ekstra. Kemampuan akademik tidak cukup buat meraih masa depan. Jadinya mereka mutlak untuk memiliki kecakapan hidup yang lain seperti kemampuan bekerja-sama (team work), keberanian, keterampilan berkomunikasi, kemampuan manajemen, kemampuan memimpin, kemampuan beradaptasi, dll.        

Proses Jalan Hidup Presiden Sukarno
            Dari proses kehidupan bapak proklamator negara kita, Presiden Sukarno, dapat kita baca bahwa prestasi akademik dan serangkaian pengalaman sosial/ pengalaman hidupnya telah menjadi kunci utama dalam mengantarkannya menjadi orang yang hebat dalam sejarah Indonesia, bahkan juga dalam sejarah dunia. Sejak berusia masih muda Presiden Sukarno sangat gemar belajar, membaca dan berorganisasi. Ia belajar secara otodidak untuk banyak bidang. Saat dia pindah rumah maka dia membutuhkan sebuah truk untuk membawa buku-bukunya dalam berbagai bahasa. Karena ia menguasai bahasa Inggris dan Belanda secara fasih dan beberapa bahasa asing lainnya.
            Eksistensi Presiden Sukarno telah menjadi sumber inspirasi banyak orang di dunia, apalagi buat kita di Indonesia. Dia adalah tokoh yang sangat hebat. Grolier (1965) menempatkan peran kepemimpinan Sukarno sama dengan pemimpin negara sekelas dunia dan berpengaruh saat itu, seperti Kennedy, Nehru, Mao, Nasser, Tito, De Gaule, Nkrumah, dll. Dia punya pengalaman hidup yang luas dan pengalaman akademik yang hebat.    
Membaca merupakan kebiasaan positif yang selalu dilakukan Bung Karno sejak kecil. Apa alasan mengapa Bung Karno harus gemar membaca, rajin belajar dan belajar tentang segala sesuatu ? 
Didorong oleh ego yang meluap-luap untuk bisa bersaing dengan siswa-siswa bule, maka Bung Karno sangat tekun membaca, dan sangat serius dalam belajar. Ketika belajar di HBS (Hoogere Burger School) Surabaya. Dari 300 murid yang ada dan hanya 20 murid saja yang pribumi (satu di antaranya adalah Bung Karno) yang sulit menarik simpati teman-teman sekelas. Mereka memandang rendah kepada anak pribumi sebagai anak kampungan. Namun Bung Karno adalah murid yang hebat sehingga satu atau dua guru menaruh rasa simpati padanya.
Rasa simpati gurunya, membuat Bung Karno bisa memperoleh fasilitas yang  lebih untuk “mengacak-acak atau memanfaatkan” perpustakaan dan membaca segala buku, baik yang ia gemari maupun yang tidak ia sukai. Umumnya buku ditulis dalam bahasa Belanda. Problem berbahasa Belanda menghambat rasa haus ilmunya (membaca buku yang ditulis dalam bahasa Belanda).
Entah strategi apa yang ia peroleh secara kebetulan, namun Bung Karno punya jalan pintas (cara cepat) dalam menguasai bahasa Belanda. Bung karno menjadi akrab dengan noni Belanda sebagai kekasihnya. Berkomunikasi langsung dalam bahasa asing (Bahasa Belanda) adalah cara praktis untuk lekas mahir berbahasa Belanda. Mien Hessels, adalah salah satu kekasih Bung Karno yang berkebangsaan Belanda.
Dalam usia 16 tahun, Bung Karno fasih berbahasa dan membaca dalam Bahasa Belanda. Ia sudah membaca karya besar orang-orang besar dunia. Di antaranya dalah Thomas Jefferson dengan bukunya Declaration of Independence. Bung Karno muda, juga mengkaji gagasan-gagasan George Washington, Paul Revere, hingga Abraham Lincoln, mereka adalah tokoh hebat dari Amerika Serikat. Tokoh pemikir bangsa lain adalah seperti Gladstone, Sidney dan Beatrice Webb juga dipelajarinya. Bung Karno juga mempelajari ‘Gerakan Buruh Inggris” dari tokoh-tokoh tadi. Bung Karno juga membaca tentang Tokoh Italia, dan ia sudah bersentuhan dengan karya Mazzini, Cavour, dan Garibaldi. Tidak berhenti di situ, Bung Karno bahkan sudah menelan habis ajaran Karl Marx, Friedrich Engels, dan Lenin. Semua tokoh besar tadi, menginspirasi Bung Karno muda untuk menjadi maju dan smart.
Penelusuran atas dokumen barang-barang milik Bung Karno di Istana Negara, yang diinventarisasi oleh aparat Negara yang ditemukan setelah ia digulingkan. Dari ribuan item miliknya, hampir 70 persen adalah buku. Sisanya adalah pakaian, lukisan, mata uang receh, dan pernak-pernik lainnya. Harta Bung Karno yang terbesar memang buku.
Dari biografinya (Sukarno: An Autobiography) diketahui bahwa betapa dalam setiap pengasingan dirinya, baik dari Jakarta ke Ende, dari Ende ke Bengkulu, maupun dari Bengkulu kembali ke Jakarta, maka bagian terbesar dari barang-barang bawaannya adalah buku. Semua itu, belum termasuk buku-buku yang dirampas dan dimusnahkan penguasa penjajah. Apa muara dari proses belajar sepanjang hidup yang sangat kreatif adalah mengantarkan Bung Karno menjadi Presiden yang pernah memperoleh 26 gelar Doktor Honoris Causa. Jumlah gelar doktor yang ia terima dari seluruh penjuru dunia, 26 gelar doktor HC yang  rinciannya, 19 dari luar negeri, 7 dari dalam negeri. Ia memperoleh gelar doctor HC dari Far Eastern University, Manila: Universias Gadjah Mada,  Yogyakarta: Universitas Berlin: Universitas Budapest: Institut Teknologi Bandung: Universitas Al Azhar, Kairo: IAIN Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta: dan universitas dari negaralain seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman Barat, Uni Soviet, Yugoslavia, Cekoslovakia, Turki, Polandia, Brazil, Bulgaria, Rumania, Hongaria, RPA, Bolivia, Kamboja, dan Korea Utara.
Kemudian, bagaimana masa kecil dan proses kreatifitas  Bung Karno yang lain? Agaknya Bung Karno telah memiliki jiwa leadership (kepemimpinan) sejak kecil, karena apa saja yang diperbuat Bung Karno kecil, maka teman-temannya akan mengikuti. Apa saja yang diceritakan Bung Karno kecil, maka teman-teman akan patuh mendengarkannya. Oleh teman-temannya, Bung Karno bahkan dijuluki “jago”. karena gayanya yang begitu “pe de”. Itu pula yang mengakibatkan ia sering berkelahi dengan anak anak Belanda.
Ada satu karakter yang tidak berubah selama enam dasawarsa kehidupannya. Salah satunya adalah karakter pemuja seni. Ekspresinya disalurkan dengan cara mengumpulkan gambar bintang-bintang terkenal. Karena kecerdasan dan keluasan wawasannya sejak kecil maka pada usia 12 tahun, Bung Karno sudah punya gang (pasukan pengikut yang setia). Kalau Bung Karno bermain jangkrik di tengah lapangan yang berdebu, segera teman temanya mengikuti. Kalau Karno diketahui mengumpulkan prangko, mereka juga mengumpulkannya.  Kalau “gang” mereka bermain panjat pohon, maka Bung Karno akan memanjat ke dahan paling tinggi. Itu artinya, ketika jatuh Bung Karno pun jatuh paling keras daripada anak-anak yang lain. Dalam segala hal, Bung Karno selalu menjadi yang pertama mencoba. “Nasib Bung Karno adalah untuk menaklukkan, bukan untuk ditaklukkan”.
Bung karno menganut ideologi ‘berdiri di atas kaki sendiri’. Saat menjadi presiden Bung Karno dengan gagah mengejek Amerika Serikat dan negara kapitalis lainnya: “Go to hell with your aid. Persetan dengan bantuanmu!!!”
Ia mengajak negara-nega-ra sedang berkembang (baru merdeka) bersatu. Pemimpin Besar Revolusi ini juga berhasil mengge-lorakan semangat revolusi bagi bangsanya, serta menjaga keutuhan NKRI. Bung Karno juga memiliki slogan yang kuat yaitu “gantungkan cita-cita setinggi bintang untuk membawa rakyatnya menuju kehidupan sejahtera, adil makmur”.
Bung Karno adalah juga orator ulung. Gejala berbahasa Bung Karno merupakan fenomena langka yang mengundang kagum banyak orang. Kemahirannya menggunakan bahasa dengan segala macam gayanya berhubungan dengan kepribadiannya dan latihan latihan berpidato yang ia lakukan. Ketika masih belajar Bung Karno sering berlatih berpidato sendirian di depan kaca dan juga berbicara di depan gang nya.  Bung Karno juga gemar menuliskan opini-opininya dalam bentuk artikel. Kumpulan tulisannya dengan judul “Dibawah Bendera Revolusi”, dua jilid. Jilid pertama boleh dikatakan paling menarik dan paling penting karena mewakili diri Soekarno sebagai Soekarno. Tulisanya yang lain dengan judul “Nasionalis-me, Islamisme, dan Marxisme” adalah paling menarik dan mungkin paling penting sebagai titik-tolak dalam upaya memahami Soekarno dalam gelora masa mudanya (Cindy Adams, 1965).
Apa yang dapat kita jadikan I’tibar (pembelajaran) dari uraian di atas (dari kehidupan Bung Karno) dan kita hubungkan dengan cara belajar dan gaya hidupm kita ? Bahwa membaca adalah kebiasaan positif yang perlu selalu dilakukan. Sebagaimana halnya Bung Karno membaca buku-buku berbahasa asing (bahasa Belanda). Untuk membuat bahasa asingnya lancar adalah dengan  mempraktekan (menggunakan) bahasa tersebut dengan orang yang mahir (pribumi maupun orang asing). Setelah lancar berbahasa asing/ bahasa Belanda, ia tidak cepat merasa puas dan berhenti belajar. Ia malah membaca biografi tokoh tokoh besar di dunia dan juga buku buku berpengaruh di dunia sehingga ia memiliki wawasan dan cara pandang yang luas.
Untuk menjadi sukses maka juga perlu punya prinsip hidup “mandiri atau berdikari- berdiri pada kaki sendiri”. Jangan terlaku suka untuk mencari bantuan. Kemudian juga penting untuk mengembangkan pergaulan/ teman yang banyak untuk melakukan proses bertukar fikiran. Juga penting untuk melatih jiwa pemimpin- bukan jiwa penurut, pasif atau pendengar abadi.
Selanjutnya bahwa juga penting mengembang kemampuan berbicara/ berpidato lewat latihan sendiri dan berpidato didepan kelompok. Kemampuan berbicara/ berpito perlu didukung oleh kemampun menulis, karena membuat pidatio punya kharismatik dan menarik. Ini dapat dikembangkan melalui latihan demi latihan. Inilah top secret dari proses hidup Presiden Sukarno sehingga dia bisa menjadi inspirasi bagi kita dan bagi dunia.

Melejitkan Kecerdasan Yang Berimbang

Melejitkan Kecerdasan Yang Berimbang

Quantum Quotient
            Di awal tahun 2000-an, dalam dunia pendidikan ada istilah quantum quotient atau kecerdasan quantum. Banyak orang ingin memahami apa dan bagaimana dengan istilah quantum quotient, yaitu bagaimana meledakkan (menumbuh-kembangkan) kecerdasan. Bobbi De Porter dan Mike Hernacki (2002) membahas tentang istilah ini. Mereka menyebutnya dengan istilah quantum learning, yaitu bagaimana membiasakan belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Bahwa aktivitas belajar perlu suasana nyaman dan menyenangkan. Kalau begitu, adakah sekolah yang menyenangkan di seputar kita?
            Sekolah yang nyaman dan menyenangkan itu tentu ada, mulai dari sekolah rendah sampai ke sekolah yang lebih tinggi. Pada umumnya TK (Taman Kanak-kanak) dan juga pada PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sangat nyaman dan menyenangkan. Karena di sana guru-gurunya mengajar dan menemani anak dengan ramah dan sepenuh hati.
Selanjutnya sekolah-sekolah yang dirancang menjadi sekolah ramah anak juga sebagai sekolah yang nyaman dan menyenangkan. Sekolah tersebut mungkin ada di tingkat SD, SLTP dan SLTA. Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia gencar mengkapanyekan “Sekolah Ramah Anak.”
Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah sekolah yang nyaman. Sekolah yang begini merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah dengan suasana:
- Bersih
- Aman
- Ramah
- Indah
- Inklusif
- Sehat
- Asri
- Nyaman
            Dewasa ini sudah banyak sekolah yang nyaman, terutama untuk tingkat dasar dan menengah. Pada sekolah ramah anak, para siswa merasa nyaman dan senang belajar, karena lingkungan sekolah telah didesain begitu menyenangkan.
Yang diperlukan oleh para siswa untuk belajar adalah lingkungan yang menyenangkan, kemampuan berkomunikasi, keterampilan belajar dan menumbuhkan rasa percaya diri. Suasana menyenangkan juga berhubungan  dengan perlakuan yang diterima dari lingkungan.
Dorothy Law Nolte memaparkan efek lingkungan terhadap pendidikan anak, sebagaimana tertulis dalam puisinya edukasi yang berjudul “children learn what they live- anak anak belajar dari lingkungan”. Beberapa cuplikan puisinya mengenai suasana pendidikan dengan lingkungan positif, yaitu sebagai berikut (Ahmad Faiz Zainuddin, 2009):
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang penuh toleransi, ia belajar untuk
              bersabar.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang memberi pujian, ia belajar untuk
               menghargai.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang menerimanya apa adanya, ia belajar 
               untuk mencintai.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang memberikan dukungan, ia belajar
               untuk menyenangi dirinya.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang memberikan penghargaan, ia belajar
               untuk memiliki tujuan dan cita-cita.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang suka berbagi, ia belajar untuk
               bermurah hati dan suka memberi.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang menjunjung tinggi kejujuran, ia
               belajar  untuk mencintai kebenaran.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang menghargai keadilan, ia belajar untuk
               bersikap adil.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang baik hati dan penuh tenggang rasa, ia
               belajar untuk menghormati.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang penuh rasa aman, ia belajar untuk
               memiliki keyakinan dan berbaik sangka.
            - Jika anak tumbuh di lingkungan yang bersahabat, ia belajar untuk merasa
              bahwa dunia ini indah dan hidup ini begitu berharga.
            Nah bagaimana dengan remaja (atau anak-anak) di lingkungan kita? Mengapa di sekolah-sekolah dan kelas-kelas tersebut aktivitas belajar ada yang terasa nyaman dan menyenangkan dan juga ada lingkungan sekolah yang belum memberi suasana kurang nyaman dan menyenangkan?
Suasana nyaman dan menyenangkan bisa  terjadi karena adanya lingkungan yang memberi semangat dan dukungan. Lingkungan yang memberi pujian dan menerima, juga memberi penghargaan dan rasa aman, serta lingkungan yang penuh bersahabat dengan anak didik (para remaja).
Sebaliknya bahwa suasana tidak nyaman, tidak menyenangkan terjadi karena adanya lingkungan yang tidak ada memberi semangat dan dukungan, tidak ada lingkungan yang memberi pujian dan menerimanya. Juga tidak ada lingkungan yang memberi penghargaan dan rasa aman, serta lingkungan yang tidak bersahabat dengan anak didik atau tidak.
            Bobbi De Porter dan Mike Hernacki (2002) mengatakan bahwa setiap hari para remaja akan memperoleh dua macam komentar dari  teman, orangtua, guru dan lingkungan mereka, yaitu komentar positif dan komentar negatif. Adalah berbahaya bila mereka banyak memperoleh komentar negatif, sebab semangat belajar mereka bisa melorot.
            Jika mereka sering kena ancam atau tidak memperoleh modeling  dalam hidup, maka kecerdasannya pada akhirnya akan mandek. Lingkungan yang kaya akan rangsangan, menghasilkan siswa atau remaja yang sukses. Sementara lingkungan yang miskin dengan rangsangan akan menghasilkan siswa yang lambat cara belajarnya.   



Lingkungan Rumah Yang Mencerdaskan
            Saya menjumpai sebuah lingkungan rumah yang memungkinkan seseorang dari usia anak-anak hingga remaja bisa tinggal, berinteraksi dan belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Memang orangtua harus menyediakan ruang belajar dan merancangnya seapik mungkin. Rumah tersebut adalah rumah seorang mahasiswa Asia yang mengikuti kuliah Post Graduate lewat beasiswa di Universitas Melbourne.
Umumnya orang di Australia hidup secara mandiri (independent), dan tidak terbiasa punya pembantu. Punya pembantu malah melambangkan ketidak berdayaan dan juga tidak mandiri dalam hidup. 
            Mahasiswa doktoral ini membawa anaknya dan merancang ruang belajar dan ruang eksplorasi buat anak. Ada sarana bermain edukatif, ada bacaan, ada aturan kehidupan, ada interaksi. Lingkungan begini memberikan rasa aman bagi anak, ada pujian dan penerimaan. Orangtua berusia muda ini menyediakan pengalaman yang banyak dan beragam buat anaknya. Sang anak punya pengalaman mencoba, bergaul dan pengalaman perjalanan. Sebab anak atau seseorang yang punya koleksi pengalaman pribadi yang banyak akan lebih kreatif dari orang yang kurang pengalamannya (Ibrahim Elfiky, 2011).
            Orangtua dan guru juga tidak perlu terlalu mencampuri dan terlalu mendikte mengapa dan bagaimana idealnya seorang anak dalam belajar. Bahwa orang belajar tergantung pada faktor fisik, faktor emosional dan faktor sosiologi. Ada anak yang senang belajar dengan cahaya terang dan juga ada yang suka cahaya agak redup. Ada yang suka belajar dengan berkelompok dan ada yang suka sendiri. Kemudian ada yang suka belajar pakai musik dan ada yang suka suasana sepi, dan juga ada yang suka belajar dengan kondisi rapi dan ada yang suka suasana berantakan.
            Sekarang ini banyak orang beranggapan bahwa belajar yang nyaman dan menyenangkan hanya terjadi di sekolah-sekolah berlabel unggul, karena sekolah tersebut sengaja dirancang dan para siswanya menjadi cerdas karena diprogramkan. Namun jauh di sana di Indonesia bagian timur, pada sebuah sekolah biasa-biasa saja di kota Ambon telah muncul seorang siswa polyglot- menguasai lebih dari 10 bahasa-bahasa dunia, sementara itu orangtuanya hanya seorang buruh kecil, namun dia (namanya Gayatri) menemukan quantum learning sendiri dalam menguasai banyak bahasa, sehingga sempat mengantarkan dia menjadi duta bangsa ke PBB di New York (Murad Maulana, 2014).
            Latif Pramudiana, seorang teman saya asal Tangerang, yang pernah mengabdi sebagai guru di Lintau, sebuah kota kecil di Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat, mengadopsi konsep long life education- dan tidak berhenti belajar dalam hidupnya. Laki-laki ini terbiasa untuk selalu belajar dalam hidupnya. Saya menemukan alat musik dan juga tumpukan buku-buku di kamar kontrakannya. Dia terbiasa kalau belajar membiarkan buku-buku yang dia perlukan bertebaran di sekitarnya. Pada lain waktu ia bermain gitar atau membaca buku yang ditemani lantunan instrumen musik yang lembut.
            Baginya memegang buku itu sebuah kenikmatan. Ia melahap buku dengan sepenuh hati. Ia menggunakan sebuah pensil untuk mencoret-coret, menggaris bawahi dan menghubungkan ide-ide dalam buku tersebut. Bila bisa menamatkan satu buku, ia merasakan bahwa ia berhasil menaklukan sebuah peradaban dan ia pun merayakan. Banyak membaca bukan berarti membuat ia menjadi kurang pergaulan. Ia juga meluangkan waktu untuk saling bertukar pikiran dengan sesama dan juga melakukan banyak perjalanan untuk menemui orang baru dan pengalaman baru.

Quatum Learning
            Secara tidak sengaja saya sering berkunjung ke sebuah rumah di Lintau. Bagi saya rumah tersebut adalah sebuah rumah inspirasi karena di dalamnya terdapat beberapa lemari yang penuh dengan berbagai jenis buku. Orang yang memiliki buku-buku tersebut bernama Fasli Jalal, yang kemudian sempat  menjabat Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam usia muda dia telah telah membaca/ menamatkan dan mentelaah semua isi buku tersebut. Sehingga dia memiliki wawasan yang luas dan dalam. 
            Quantum learning- kebiasaan belajar nyaman dan menyenangkan- telah mengantarkan Fasli Jalal menjadi salah seorang tokoh pendidikan terkemuka di Indonesia. Itu diawali dengan keputusannya saat muda untuk memilih sekolah berkualitas Di Kota Solok  jauh dari kampungnya di Lintau. Di sana dia hidup mandiri dan terbiasa dengan active learning dan peduli denga literasi membaca yang banyak dan berkualitas. Semangat suka berkompetisi memberinya motivasi yang tinggi untuk mencapai visinya melalui strategi hidupnya yang terencana hingga ia memperoleh puncak karirnya. Itu sebagaimana dikatakan oleh kerabat Fasli Jalal pada saya.  
            Untuk zaman sekarang, bahwa seseorang yang hebat bukan hanya harus memiliki IQ (inteligent quotient) yang bagus, namun juga harus peka dan peduli dengan eksistensi EQ (emotional quotient)dan SQ (spiritual quotient). Dia harus memiliki komponen kecerdasan yang berimbang, yaitu EQ, SQ dan IQ.
Dengan IQ yang bagus, akan menjadi syarat mutlak untuk berkompetisi. EQ yang bagus menjadi syarat untuk mencapai prestasi puncak dan SQ menjadi syarat untuk mencapai tujuan dunia dan akhirat. Kesuksesan kita ditentukan oleh IQ, dan kebahagiaan kita ditentukan oleh IQ dan SQ. Maka inilah hakekat untuk melejitkan kecerdasan yang berimbang.
            Agus Nggermanto (2003) menjelaskan tentang bagaimana cara melejitkan IQ, EQ dan SQ secara harmonis. Salah satunya adalah melalui accelerated learning atau percepatan belajar. Percepatan belajar bagi siswa dengan IQ yang mantap bisa dilakukan melalui membaca cepat, membaca yang cepat, dan berpikir kreatif.
            Rata-rata kita memiliki IQ yang standard dan kita perlu mengasah IQ kita. Kebiasan yang bisa kita lakukan untuk mengasah IQ  adalah melalui membaca cepat, menghafal yang cepat, berpikir kreatif, berhitung cepat dan, mencatat yang cepat- misal melalui mind mapping.   
            Menghafal yang cepat dapat kita lakukan dengan menggunakan semua indera yang berhubungan penyerapan informasi seperti audio (pendengaran), visual (penglihatan) dan kinestetik atau gerak. Intensitas dan pengulangan pokok pikiran dengan cara membaca bersuara atau melalui peta pikiran juga menentukan kualitas hafalan. Menggunakan unsur emosional, seperti bernyanyi (memakai musik) dan melakukan gerakan juga menentukan kualitas hafalan. Bergerak dapat membangkitkan semangat. 
            Membaca cepat adalah kebutuhan dasar manusia. Membaca telah dianjurkan oleh Allah Swt  seperti yang dapat kita baca dalam alquran. Membaca merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Untuk mengatasi masalah membaca adalah dengan mempercepat kemampuan membaca. Untuk itu kita harus membiasakan banyak membaca.
            Bobbi De Porter dan Mike Hernacki (2002: 178) menjelaskan tentang menulis dan mencatat, kita semua adalah penulis. Dorongan untuk menulis itu sama besar dengan dorongan untuk berbicara, yaitu untuk mengkomunikasikan pikiran dan pengalaman kita.
Tentang mencatat, bahwa mencatat berguna unuk meningkatkan daya pikir kita. Ada 2 cara mencatat yang dapat kita terapkan yaitu dengan cara membuat peta pikiran atau mind mapping dan yang lain dengan bentuk catat tulis susun. Kiat-kiat tambahan dalam mecatat berguna untuk membuat kita menjadi pendengar yang aktif.
Seseorang kalau mendengar ceramah, pidato dan seminar, kalau hanya sebatas  mendengar maka daya tahan atau fokusnya tidak begitu lama. Setelah itu dia akan merasa bosan dan mengantuk. Maka mendengar aktif perlu dilaksanakan, yaitu mendengar dan mencatat ide-ide penting. Maka saat mendengar ceramah, pidato dan seminar, duduklah dibagian depan dan mendengar sambil mencatat poin-poin penting. Maka rasa kantuk akan hilang dan kualitas konsentrasi bertambah.
Tentang korelasi multi-intelegensi (kecerdasan berganda) dengan IQ, SQ dan EQ. Yang termasuk kecerdasan intelektua (IQ) meliputi kecerdasan logis dan linguistik atau numerikal dan verbal. Kecerdasan emosional (EQ) meliputi kecerdasan intrapersonal (memahami dan menguasai diri) dan interpersonal (bergaul dan beradaptasi  dengan orang lain), kemudian kecerdasan spiritual (SQ) meliputi kecerdasan substantial (zat) dan kecerdasan ekistensial (memahami keberadaan hidup dan penciptaan kehidupan). Bentuk kecerdasan yang lain (quotient lain) adalah kecerdasan kinestetik (psikomotorik atau kecerdasan tubuh)  dan kecerdasan musik.
Melejitkan kecerdasan yang berimbang, yaitu antara kecerdasan IQ, EQ dan SQ perlu diusahakan. Kalau kita hanya sebatas cerdas dengan IQ, kita memang mampu bersaing dalam hidup, namun kita akan susah untuk mencapai karir puncak karena karir puncak dilalui lewat tangga sosial atau kecerdasan emosional (EQ). Kemudian hidup juga terasa kosong dan miskin dari nilai-nilai kehidupan, karena kita lemah dalam kecerdasan spiritual (SQ).
Sebelumnya kita sudah memaparkan cara meningkatkan potensi IQ, maka berikut adalah cara buat meningkatkan potensi EQ dan SQ. Emotional quotient kita bisa berkembang melalui:
- Bergaul dengan banyak orang, dengan cara demikian kita akan memiliki
   pengalaman yang kaya dengan berbagai jenis emosi orang.
- Sudi untuk mengambil tanggungjawab.
- Mendengar dengan cara berempati, utamanya pada anak dan murid, dan
   juga pada orang yang lebih muda usianya.
- Mengungkapkan suasana hati.
- Membantu untuk menemukan solusi lewat curhat (curah hati atau curah
   perasaan).
- Dengan cara menjadi modeling atau teladan bagi orang sekitar. Seseorang
  suka melihat atau meniru contoh daripada diceramahi atau digurui.
Tentang spiritual quotient, bahwa banyak orang yang sukses ditinjau dari ukuran dunia, namun mereka merasa kering dan gersang pada rohaninya. Itu terjadi karena mereka kurang memahami substansial zat diri dan penciptanya, dan juga kurang memahami eksistensi atau keberadaanya.
Menurut ajaran Islam bahwa setiap manusia harus punya hubungan yang berimbang antara “ hablul minallah wa hablul minannas- berhubungan dengan Allah Swt (Tuhan) dan juga berhubungan dengan manusia”. Untuk meningkatkan kualitas spiritual quotient atau kecerdasan spiritual, maka kita harus punya ilmu pengetahuan tentang agama, kita mampu menerapkan atau mengamalkan ilmu tersebut. Kemudian kita harus memiliki komunitas atau jamaah dimana disana kita dapat saling bercermin diri atau melakukan refleksi serta introspeksi diri.

Keterampilan Dan Keberanian Buat Kehidupan

Keterampilan Dan Keberanian Buat Kehidupan

Pilih Teori Atau Pengalaman?
Skill and experiences ring louder than theory- keterampilan dan pengalaman lebih nyaring bunyinya dari hanya sebatas berteori. Kalimat ini bisa kita buktikan melalui pengalaman hidup. Misalnya melalui pengalaman hidup yang dialami oleh seorang lelaki muda bernama Abdel Maghdi, bukan nama sebenarnya.
Abdel Maghdi adalah seorang lelaki muda berasal dari salah satu kota di Mesir. Dia memiliki wajah tampan dengan kumis dan jambang yang digunting rapi, berkulit sawo-matang dan tingginya sekitar 180 cm serta berambut ikal. Para tetangga mengaguminya karena ia mampu berkomunikasi dalam empat bahasa yaitu bahasa Arab, Perancis, Inggris dan bahasa Indonesia.
Pastilah ia seorang lelaki muda yang terbilang yang sangat hebat di negeri asalnya. Jadinya dia adalah seorang pemuda yang polyglot, maksudnya mampu menguasai banyak bahasa. Ia juga punya kemampuan menulis menggunakan huruf Arab dan huruf latin. Huruf latin khusus untuk bahasa Indonesia, Perancis dan Inggris.
Saya sendiri merasa susah payah untuk menguasai tata-bahasa Arab dan Perancis serta menulis dalam huruf Arab. Sementara bagi Abdel Maghdi keempat bahasa ini sudah terdengar amat fasih dan amat mudah bagi lidahnya. Sekali lagi bahwa pastilah ia seorang lelaki muda yang amat cerdas, dan kecerdasanya ini akan mampu mendatangkan banyak keberuntungan baginya, semisal kekayaan dan uang yang jumlahnya lebih dari cukup. Apakah benar seperti itu?
Wah ternyata itu tidak. Malah tiap hari ia hidup dalam kondisi yang cukup bersahaja dan mungkin juga dalam kondisi kekurangan secara finansial. Saya sering menjumpainya merokok yang tidak putus-putusnya, ini sebagai indikasi bahwa ia lagi dilanda stress akibat tidak punya uang yang cukup untuk menghidupi anak dan istrinya. Ya baginya uang susah banget buat mampir.
Abdel Maghdi memang seorang pemuda yang cerdas. Mengapa? Huruf  Arab dan tatabahasa Arab sangat jauh berbeda dengan tatabahasa Indonesia, Begitu pula tatabahasa Perancis dan Inggris juga jauh berbeda dari tatabahasa Indonesia. Namun itu semua sangat dikuasai oleh Abdel Maghdi.
Abdel Maghdi pasti memiliki kecerdasan verbal. Sangat jarang orang yang bisa berkomunikasi dalam banyak bahasa. Umumnya satu bahasa atau dua bahasa sekaligus. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling terakhir dikuasai oleh Abdel Maghdi.
Sehingga suatu ketika ia menjumpai situs Darmasiswa yaitu “an Indonesia scholarship program” yang bisa dilamar oleh para mahasiswa asing dari 83 negara di dunia, salah satunya adalah Abdel Maghdi.
Beberapa tahun lalu saya sempat berjumpa dengan para mahasiswa asal Eropa Tengah (Rumania dan Bulgaria) yang tengah belajar di Sekolah Tinggi Seni di Padang-Panjang, Sumatera Barat melalui program beasiswa Darmasiswa dari Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi). Pada kesempatan lain- saat saya sama-sama menginap di Hotel Millennium Sirih, Jakarta- saya juga berjumpa dengan satu grup mahasiswa asing yang terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma-Jakarta. Mereka memperoleh program beasiswa Darmasiswa dari pemerintah Indonesia.
Setelah membaca informasi tentang kuliah beasiswa di Indonesia dan membaca profil beasiswa Darmasiswa, maka Abdel Maghdi menjatuhkan pilihan untuk kuliah di Indonesia dengan pilihan jurusan Bahasa Indonesia. Tentu saja sebelum menjadi mahasiswa di Indonesia, dia telah bergiat untuk menguasai dasar-dasar bahasa Indonesia secara self learning. Ini dibantu dengan teknologi google language dan juga situs-situs belajar bahasa Indonesia lainnya. Utamanya dia menguasai cara pengucapan bahasa Indonesia, kosakata dan tatabahasa, juga dasar-dasar bahasa Indonesia.
Akhirnya Abdel Maghdi berangkat menuju Indonesia setelah lulus seleksi, mengurus dokumen keimigrasian dan visa belajar di Indonesia dari kantor Kedutaan Indonesia di Kairo. Abdel Maghdi memilih jurusan bahasa Indonesia dan kuliah di UGM Yogyakarta. Tentu saja ada visi dan misi mengapa dia tertarik buat belajar bahasa Indonesia, mungkin juga ingin menikah dengan orang Indonesia? Mau menikah saat kuliah di Indonesia, mengapa?

Menikah Adalah Naluri
Dorongan untuk menikah sudah ada pada semua orang. Dorongan ini semakin kuat saat mereka menginjak usia remaja. Keinginan untuk menikah adalah fitrah atau dorongan naluri yang diberi oleh Allah Swt. Jadinya Abdel Maghdi juga ingin untuk menikah, karena dia juga punya fitrah atau instink ini.
Keputusan menikah di Indonesia memang beda dari Mesir. Pernikahan di Indonesia bisa dibikin lebih sederhana dan juga bisa dibikin super rumit dan super mewah. Bagi yang belum mampu biaya menikah bisa dicicil, atau pinjam uang sana-sini. Tidak demikian halnya dengan pernikahan di Mesir. Bisa jadi sepasang anak muda yang saling jatuh cinta begitu mendalam, namun ketika mau menikah cinta mereka bisa berantakan, terkendala oleh finansial..
Di Mesir menikah tidak cukup sebatas  bermodalkan cinta saja, bermodalkan kata “I love you”. Banyak pemuda Mesir merasa kesusahan buat menikahi kekasih mereka karena mahalnya harga mahar. Orangtua pengantin wanita akan meminta mahar dengan nilai sekitar 150.000 EGP (Egyptian Pound) atau setara dengan 225 juta Rupiah. Cukup banyak yang merasa tidak mungkin bisa punya tabungan sebanyak itu. Khusus bagi laki-laki yang masih muda, yang tidak punya uang, jadinya cinta mereka harus kandas. Selain biaya mahar yang tinggi, biaya pesta perkawinan juga cukup tinggi yaitu sekitar 50.000- 100.000 EGP, atau sekitar 75 juta hingga 150 juta rupiah.
Ada juga yang mengatakan bahwa bukan mahalnya biaya mahar, namun seorang laki-laki Mesir yang mau menikah harus mampu menyediakan terlebih dahulu sebuah rumah atau apartemen buat istri, sebagai tempat tinggal permanen bagi mereka begitu mereka setelah menikah. Bagaimana harga sebuah rumah sederhana atau sebuah apartemen di Mesir?
Harga sebuah apartemen tipe dan ukuran yang standar biasa di sana, ya sekitar 225 juta Rupiah. Itu setara dengan harga sebuah rumah perumnas ukuran sederhana di Indonesia. Namun tidak semua lelaki muda yang mau menikah bisa menyediakan rumah buat calon istrinya, jadinya banyak laki-laki Mesir yang telat menikah. Baru bisa menikah yaitu mendekati usia 40 tahun, setelah punya cukup uang.
Hal yang demikian juga dialami oleh Abdel Maghdi. Mahalnya harga pernikahan di kampungnya membuat laki-laki ini tetap single sampai usia di atas 30-an, hingga ia punya kesempatan untuk memperoleh beasiswa kuliah di Yogyakarta. Dengan kemudahan media sosial, utamanya Facebook, dia mulai rajin berselancar- browsing- untuk mendapatkan gadis idamannya yang akan mampu mengisi kekosongan hatinya. Akhirnya yang beruntung adalah seorang gadis di Sumatera Barat. Mereka saling kontak dengan intens dan berjanji, malah sempat saling ketemuan di Jakarta dan Yogyakarta beberapa kali. Rasa cinta mulai bersemi.
Gadis lembut dari Sumatera Barat tersebut sangat merespon cinta lelaki ganteng ini. Kualitas cinta mereka semakin meningkat saban hari. Akhirnya Abdel Maghdi memutuskan untuk datang menemui calon mertua, meminang secara sederhana dan menikah dengan proses yang sangat ringan, kontra dengan proses pernikahan di Mesir yang terasa mahal.
Tentu saja dengan menikah maka terjadi perpaduan kasih sayang dua pribadi dan kemudian akan terasa persamaan dan perbedaan. Rasa cinta yang tinggi dan persamaan dalam keyakinan- yaitu agama Islam- menjadi perekat perkawinan yang cukut kuat. Setahun setelah menikah, perkawinan mereka membuahkan seorang momongan mungil yang tampan. Dan sekarang bayi mereka sudah menjadi balita- aktif dan sangat memikat hati ayah dan bundanya.
Balita mereka dengan perpaduan wajah Indonesia dan Mesir terlihat sangat tampan, membuat keluarga besar mereka menjadi terhibur. Balita mereka bisa tumbuh sempurna, apalagi Abdel Maghdi dalam usia yang cukup telat buat berumah tangga (menikah) membuat dia betul-betul mendambakan kehadiran seorang anak, hingga dia cukup rajin mendalami ilmu parenting. Orangtua dengan ilmu parenting yang mantap sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan buah hati mereka. Namun Abdel Maghdi tetap ada masalah yang mengganjal. Yaitu “finansial atau uang”.
Keluarga baru harus bisa hidup mandiri. Mereka memutuskan buat menyewa rumah kecil sendiri. Dan kendala baru muncul, bahwa dapur mereka kadang-kadang tidak berasap. Anak dan istrinya butuh makan. Dalam realita bahwa kecerdasan berbahasa Abdel Maghdi- menguasai 4 bahasa, menandakan dia orang yang cerdas. Namun di lingkungan yang baru ia susah memperoleh pekerjaan dan ia mengalami kesulitan finansial.
Kecerdasan dalam bentuk tahu teori belum mampu mengusir rasa lapar keluarga. Dalam kondisi begini yang diperlukan oleh keluarga Abdel Maghdi adalah pengalaman dan keterampilannya untuk mencari nafkah. Ternyata Abdel Maghdi yang cerdas kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan kampung istrinya sehingga ia belum mampu buat pencari nafkah.
Sebagai seorang ayah dan suami ternyata Abdel Maghdi baru sebatas cerdas akademik (kognitif) yaitu cerdas di atas kertas, atau cerdas dengan teori. Sementara anak dan istrinya tidak butuh teori atau ceramah namun mereka butuh rupiah atau dollar dan sangat berharap agar dia punya life skill- kecerdasan dan keterampilan buat mencari nafkah, mungkin menjadi pekerja tukang, pedagang kecil, jual rujak, jual nasi Padang atau membuka warung kecil ala Mesir di Sumatra Barat- namun itu sulit untuk terwujud.
Sebenarnya Abdel Maghdi bukan lelaki yang pemalas. Ia pun sempat berdagang kecil-kecilan, seperti berdagang kurma. Namun tidak begitu laris, karena kurma bukan kebutuhan utama orang di Sumatra Barat jadinya keberuntungan masih agak jauh darinya. Untuk solusi masalah, mereka membuat alternatif, yaitu sang istri sebagai pencari nafkah part-time, tentu saja dengan nominal upah dan gaji yang kecil untuk menopang ekonomi mereka. Sementara Abdel Maghdi sebagai pengasuh balita di rumah.
Hari-hari tetap berlalu. Perkawinan mereka cukup bahagia, namun Abdel Maghdi masih kebingungan. Mau bagaimana lagi. Mau membawa keluarga pulang ke Mesir? Woww...biaya pesawat dan kebutuhan lain begitu mahal. Laki-laki yang mau menikah, sebagai pemimpin rumah tangga, memang memikirkan secara matang dan menyiapkan keuangan yang cukup buat mendukung perkawinan mereka.
Dalam realita bahwa perkawinan tidak hanya sebatas kata cinta. Karena ungkapan “I love you” hanya sebagai hiasan pada hati namun tidak bisa membuat perut kenyang. Kehidupan perkawinan butuh uang dan makan. Makanya seorang laki-laki yang mau menikah musti mempersiapkan diri, harus terampil buat mencari rezeki. Kalau istri mampu mencari tambahan rezeki, tentu itu berguna buat meringankan beban suami.

Hidup Harus Terampil
Dalam membangun relasi dengan seseorang dan juga buat menjaga kelanggengan keluarga sangat diperlukan teori yang relevan. Namun untuk memenuhi kebutuhan dasar- seperti: makan, pakaian, perumahan- diperlukan proses kehidupan. Proses kehidupan sangat memerlukan keterampilan dan pengalaman hidup yang luas.
Hal ini bisa dibuktikan melalui kisah nyata tentang bagaimana kesuksesan seseorang yang tinggal di pulau Bali bisa terjadi. Saya jadi hanyut dalam emosi saat membaca biografi Gusti Ngurah Anom- dengan nama populernya “Ajik Cok”. Dia adalah seorang raja pendiri galeri oleh-oleh khas pulau Bali (A.Bobby, 2015). Dalam biografinya dipaparkan kisah suksesnya dengan apik, sekali lagi, saya terbawa emosi membaca biografinya. 
Gusti Anom, panggilannya Ajik Cok, waktu kecil dikenal sebagai anak yang bodoh, miskin, dan nakal. Namun setelah dewasa ia mampu keluar dari jerat kemiskinan. Ayahnya seorang petani penggarap, jadi sangat miskin dan ia pun punya dua istri. Ibunya Ajik Cok adalah istri kedua. Untuk mendukung ekonomi keluarga, ibunya berjualan kue kecil-kecilan.
Ajik Cok untuk pendidikan terakhirnya sempat masuk sekolah pariwisata, namun karena keterbatasan dana buat beli buku, pakaian dan kebutuhan sekolah lainnya maka Ajik Cok memutuskan buat drop out dari sekolah. Saat sekolah ia pun sering menunggak spp (uang sekolah).
Didera oleh kemiskinan yang tidak berkesudahan akhirnya ia memutuskan meninggalkan rumah hanya berbekal pakaian yang melekat di badan. Ia merantau menuju kota Denpasar dengan harapan moga-moga ada perubahan pada kehidupannya. Dia mau mengerjakan apa saja jenis pekerjaan. Tidak pilih-pilih pekerjaan. Pekerjaan pertama yang ia geluti adalah sebagai tukang cuci mobil para tamu hotel dan ia pun tidur di emperan.
Beberapa waktu kemudian ia melamar menjadi buruh garmen- atau pakaian jadi. Profesi ini ia tekuni dengan bersemangat dan penuh hati-hati. Sehingga ia menjadi kesayangan boss. Karena karakternya yang rajin dan bekerja penuh semangat, maka ia pun menjadi orang kepercayaan boss-nya. Dan ia pun mengembangkan diri dan menumbuhkan perusahaan garmen milik boss-nya.
Seiring berjalannya waktu, maka ia pun pamit sebagai buruh garmen dan memberanikan diri pula untuk membuka usaha garmen sendiri. Tentu saja memulainya secara kecil-kecilan dan ia pun langsung menjajakan produk konveksinya ke pantai, lokasi wisata, tanpa malu-malu.
Ia pun belajar mengatasi beberapa kelemahan disana-sini. Usaha garmennya pun tumbuh. Tidak puas hanya dengan usaha konveksi maka ia juga membuka toko oleh-oleh yang diberi nama toko krisna.
Terus terang bahwa ia tidak punya ilmu formal dari bangku sekolah yang banyak tentang manajemen berdagang. Kecuali ia suka menimba pengalaman langsung yang berharga dari banyak orang. Ia suka sekali learning by doing. Dengan metode bisnis yang dia sebut dengan istilah “lihat, tiru, kembangkan”, maka bisnis garmen dan bisnis toko oleh-oleh berkembangkan pesat. Ia sekarang punya toko oleh-oleh krisna 1 hingga toko krisna 5. Sekarang sudah banyak supplier yang tertarik untuk bergabung dengan toko milik Ajik Cok.
Saya tetap percaya bahwa proses kehidupan melalui keterampilan dan keberanian lebih dahsyat hasilnya daripada hanya sebatas  tahu teori. Tahun 1986 saat saya kuliah saya sempat membaca sebuah buku biografi Hasyim Ning dan hingga sekarang isi buku itu masih berkesan dalampikiran. Makanya apa yang kita pelajari saat masih kecil- anak anak dan remaja- maka  akan berkesan seumur hidup.
Hasyim Ning adalah seorang pengusaha sukses kelahiran Padang. Pendidikan formalnya tidak tinggi, ia hanya sekolah di SD Adabiah Padang dan juga Mulo di Padang. Mulo adalah sekolah Belanda setingkat dengan SMP yang kepanjangannya “Meer Uitgebreid Lager Onderwijs”. Karena kesulitan hidup maka ia merantau ke Jakarta dan bekerja menjadi tukang cuci mobil. Kemudian ia dipercaya menjadi perwakilan motorcars. Karena bergelut dengan bisnis maka ia mengambil kursus pembukuan, sejenis ilmu akutansi.
Karena faktor kesulitan hidup, ini mendorongnya untuk hijrah ke Tanjung Karang. Ia kemudian hijrah lagi dan menjadi pemborong tambang batubara di Tanjung Enim, Sumatra Selatan. Ia kemudian pindah lagi ke Jakarta dan bekerja sebagai aministrasi kebun teh.
Hidupnya penuh degan hijrah dan hidup ini butuh keberanian dan juga butuh ilmu praktis yang langsung terpakai di lapangan. Dalam hidup, Hasyim Ning berusaha untuk memiliki kemampuan bergaul dan kemampuan berkomunikasi, kemampuan membaca peluang hidup, serta izin Allah Swt telah mengantarkannya menjadi Presiden Direktur Jakarta Motor Company (AA Navis, 1987).
Ada lagi tokoh kehidupan yang tumbuh sukses bukan karena otaknya penuh dengan teori, namun karena proses kehidupan yang ia alami mengantarkan dia dari kegelapan hidup menjadi kegemilangan masa dewasanya. Dekat kampus UNP Padang dekat Ulak Karang ada plaza Basko.
Saya baru tahu kalau Basko itu singkatan dari Basrizal Koto. Basko adalah pengusaha sukses yang tidak tamat SD. Proses kehidupannya adalah menggeluti bisnis yang menyentuh kebutuhan orang banyak yaitu seperti: media, percetakan, pertambangan, peternakan, perhotelan dan properti. Basrizal Koto mengawali proses hidupnya tanpa modal, dan pendidikan yang rendah, namun punya pengalaman hidup yang tinggi.
Awal proses kehidupannya adalah setelah putus sekolah ia merantau ke Propinsi Riau. Namun ibunya menitip nasehat, bukan menitip uang karena hidup miskin, yaitu agar dia pandai-pandai dalam berkomunikasi, carilah segala kemungkinan atau peluang hidup, dan manfaatkan kesempatan. Sampai di Pekanbaru untuk bisa hidup, maka ia sempat menjual pisang dan petai, menjadi kenek oplet (kondektur oplet) dan ini kesempatan buat belajar berkomunikasi, melayani orang atau penumpang. Kemudian ia menjadi sopir dan ia juga menjadi makelar kendaraan. Setelah itu baru ia menekuni bisnis yang lebih berarti yaitu pada usaha properti dan juga pertambangan (Ahmad Fatahillah,2014).
Pesan tulisan ini kepada para remaja bahwa tekunlah dalam belajar. Selain mendalami teori ilmu dan bidang studi, juga perlu memiliki pengalaman hidup. Semua bisa diperoleh melalui proses beraktivitas. Kemudian kita harus membuang jauh budaya instan seperti ingin cepat kaya dan cepat pintar. Ini adalah nonsense atau omong kosong. Bahwa pintar dan kaya yang berkualitas harus dipakai melalui proses, bukan melalui proses yang instan, namun proses yang punya target capaian, yang didukung dengan keberanian, tidak gengsi-gengsian, mampu berkomunikasi, mampu membaca peluang dan juga dekat dengan manusia dan dekat dengan Allah Swt. Dengan cara ini inshaAllah kemudahan hidup akan terbuka lebar.

Penerimaan Siswa Baru "PPDB 2021-2022 SMAN 3 BATUSANGKAR"

  SMA NEGERI 3 BATUSANGKAR INFORMASI PEDAFTARAN PPDB 2021 -2022 1. Persyaratan PPDB Umum : 1. Ijazah atau surat keterangan Lulus 2. Kartu ke...