Minggu, 19 Agustus 2018

Ingin Anak Punya Pengalaman Seru, Berlebaranlah di Ranah Minang !!



Ingin Anak Punya Pengalaman Seru, Berlebaranlah di Ranah Minang !!
Oleh : Nadhila Azzahra
Siswi MAN 2 Tanah Datar-Batusangkar

            Lebaran adalah sinonim dari kata “hari raya”. Lebaran ini datang setiap tahun setelah bulan puasa. Semua umat muslim menyambutnya dengan penuh suka cita. Berlebaran juga berarti melakukan kegiatan wisata. Di hari-hari itu banyak terjadi pertemuan antar keluarga yang dikenal dengan istilah “silaturrahmi”.
            Wilayah Ranah Minang, dan juga dikenal dengan sebutan provinsi Sumatera Barat, sangat kaya dengan potensi wisata, berupa keindahan alam dan budaya, terasa sangat penting di hari lebaran. Selama masa lebaran kunjungan wisata naik menjadi 100 persen atau lebih. Para famili dari rantau juga pada berdatangan.

            “Berlebaran dan berlibur di Ranah Minang, jangan hanya sekedar tahu dengan rendang dan sate Padangnya saja, namun petiklah berbagai pengalaman yang seru”. Ya benar bahwa pengalaman-pengalaman yang seru akan terasa bagi mereka semua. Namun pengalaman seru lebih penting untuk diprioritaskan bagi anak-anak, karena akan memperkuat karakter dan memperkaya pengalaman hidup mereka.
Pengalaman seru bagi anak-anak kecil penulis temui pada diri adik sepupu sendiri. Penulis melihat pengalaman seru terjadi pada diri mereka. Banyak anak-anak kecil yang lahir dan tumbuh di metropolitan Jakarta miskin dengan pengalaman alam. Karena kesibukan ayah dan bundanya, mereka punya pengalaman yang terbatas di seputar lingkungan rumah yang sempit. Jarang sekali mereka dibawa ke alam terbuka. Maka berlebaran di Ranah Minang sangat berarti baginya.

Melalui ayah-bundanya penulis memperkenalkan berbagai objek wisata. Penulis sangat beruntung tinggal di kota Batusangkar. Kota ini kaya dengan objek wisata. Penulis mengajak mereka mengunjungi beberapa objek wisata yang populer seperti: Istano Basa Pagaruyung, Rumah Panjang, Dusun Tuo di Nagari Pariangan yang terkenal dengan sebutan “Desa Terindah di Dunia”, Danau Singkarak, dan ke berbagai lokasi yang punya hamparan pemandangan yang penuh pesona.
Di sana mereka bisa melakukan eksplorasi yang banyak seperti memanjat pohon kecil, meniti pematang sawah, berendam dan berenang di pinggir sungai atau danau, menangkap ikan, bermain lumpur, melihat dan bersentuhan langsung dengan hewan-hewan yang hampir tidak mereka temui di lingkungan metropolitan-Jakarta. Jadi, kalau ingin anak punya pengalaman yang seru, maka berlebaranlah di Ranah Minang !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

if you have comments on my writings so let me know them

Penerimaan Siswa Baru "PPDB 2021-2022 SMAN 3 BATUSANGKAR"

  SMA NEGERI 3 BATUSANGKAR INFORMASI PEDAFTARAN PPDB 2021 -2022 1. Persyaratan PPDB Umum : 1. Ijazah atau surat keterangan Lulus 2. Kartu ke...