TEMAN ADALAH TEMPAT
BERBAGI BAGI KITA
Teman bisa anda temukan
dimana saja, kampus, tempat les, tetangga dekat rumah, bahkan tempatmu bekerja.
Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja tentu bisa memberikan banyak
keuntungan bagi anda. Namun, hubungan yang baik tentu perlu dibangun dan dijaga.
Apa yang harus dilakukan untuk membentuk dan menjaga hubungan baik dengan rekan
kerja?
Teman adalah tempat
seseorang berbaki suka dan duka. Sebaik baiknya teman haruslah membawa dampak
positif pada diri seseorang. Jika ingin mengetahui termasuk tipe orang seperti
apa kita, lihatlah teman sekeliling anda. Ada empat jenis teman yang patut anda
miliki menurut Robert Wick, seorang professor psikologi
- Tipe pengkritik
Teman
dengan tipe jenis ini akan selalu mengingatkan ketika kita melakukan suatu
kesalahan . Tanpa diminta pun ia akan selalu mengkritik bila kita melakukan
suatu hal yang menyimpang. Tipe ini sangat baik untuk mengingatkan kita pada
jalan yang benar, meskipun kadang menyakitkan
mendengar kritiknya yang agak pedas.
- Tipe pendukung
Anda yang memiliki teman
seperti ini sangat beruntung, karena teman tipe ini akan selalu mendukung apa
yang anda lakukan dan ikut bahagia dengan kesuksesan anda. Anda akan selalu merasa semangat dan termotivasi bila berada dekat
dengannya
- Tipe pengembira
Mungkin tipe seperti ini
yang lebih banyak disukai. Teman dengan tipe pengembira akan selalu membuat
anda ceria kembali disaat anda sedih dan berduka. Rasanya tidak lengkap jika
berkumpul tapi tidak ada teman yang satu ini. Disaat anda frustasi dan depresi, teman seperti inilah yang banyak membuat
anda tertawa
- Tipe pembimbing
Anda akan merasa lebih
bahagia ketika memiliki teman tipe ini. Berada didekatnya akan membuat anda
merasa tenang dan damai. Ia pun akan selalu memberi masukan dan nasehat yang berguna dikala anda
membutuhkannya. Rasanya hidup anda menjadi terarah karena ada teman yang memberi
masukan penting untuk hidup anda.
Jika anda belum memiliki teman teman seperti di atas,
sebaiknya mulailah mencari karena saling berbagi karena teman yang seimbang
akan membuat hidup anda lebih seimbang. Andapun bisa terhindar dari penyakit
stress dengan saling berbagi dengan mereka.
Pekerjaan merupakan profesi dimana anda harus bisa
membedakan mana urusan pribadi dan mana yang bukan. Itulah mengapa sikap tegas
anda sangat dibutuhkan. Anda tidak perlu menunjukkan bahwa dia yang salah dan
anda yang benar. Dan andapun tidak harus menanggung kesalahannya hanya karena
dia teman dekat anda. Anda hanya perlu menjelaskan kronologisyang ada, dan
biarkan orang lain yang menilai. Begitupun ketika dia melimpahkan
pekerjaannya kepada anda. Ketika
pekerjaan itu bisa anda lakukan dengan baik, tidak tertutup kemungkinan suatu
saat daftar pekerjaan anda kan bertambah. Atau ketika ada kesalahan didalamnya,
andalah yang akan terbebani pada akhirnya.
Namun, tidak semua rekan kerja akan berlaku buruk
terhadap anda. Oleh karenanya, akan lebih baik jika anda membatasi kedekatan
anda dengan rekan kerja anda. Sebaik baiknya seseorang berteman, pasti aka nada
pertengkaran sekali sekali. Bayangkan kalau dia adalah salah seorang rekan
kerja anda, apakah anda bermusuhan dengannya selama bekerja? Tentu ini akan
mengganggu pekerjaan anda bukan?
Beberapa orang menganggap bahwa ketika hubungan kerja
berubah menjadi personal, maka profesionalitas dalam pekerjaan tidak lagi bias
dicapai. Padahal sering, seiring dengan lamanya anda bekerja, rekan kerja anda
bias dianggap laksana keluarga kedua. Anda tidak akan pernah tahu siapakah
rekan rekan kerja yang akan menjadi sahabat anda hingga tua nanti. Nah yang
harus anda lakukan antara lain:
- Focus pada pekerjaan anda, juga jangan terlalu mengabaikan pekerjaan rekan anda
- Luangkan waktu anda sesekali untuk pergi bersama diluar jam kerja
- Jangan terlalu memaksakan keakraban dan bersikaplah apaadanya
Jadi anda hanya perlu menjaga hubungan baik terhadap rekan kerja
anda dan tetap berlaku professional terhadap pekerjaan anda
- Dengarkan.
Dalam
dunia kerja yang penuh dengan tenggat waktu dan kesibukan, Anda seringkali lupa
untuk mendengarkan . seorang rekan kerja mungkin memiliki ide yang brilian jika
anda mau berhenti dan mendengarkannya sejenak. Mendengarkan teman kerja juga
sebagai salah satu bentuk anda menghargai ide-idenya dan tanda bahwa anda tidak
bersikap egois.
- Percaya.
Langkah
pertama untuk membangun kepercayaan dalam bekerja dimulai dengan mulai
menunjukkan bahwa anda percaya pada rekan kerja anda. Dipercaya secara
professional akan meningkatkan rasa percaya diri rekan kerja anda. Jangan
khawatir jika anda pernah kecewa padanya, karena kepercayaan memang membutuhkan
waktu.
- Mengatasi masalah.
Mengatasi
masalah secara bersama juga bias memperserat hubungan anda dengan rekan kerja.
Cobalah selesaikan masalah dengan cara yang baik, dengan tidak memicu
perselisihan atau konflik. Kebanyakan masalah pekerjaan bias diselesaikan
dengan diskusi secara terbuka dan komunikasi.
- Mulai duluan.
Hubungan
baik tidak akan bias didapatkan jika tak ada yang memulainya. Cobalah untuk
terlebih dulu memulai, misalkan dengan meminta bantuannya pada saat-saat sulit
atau memujinya saat dia melakukan hal yang baik. Sekedar mengajukan pertanyaan
atau berbicara secara ringan juga biasa anda lakukan untuk memulainya.
Source: this article is found from Arjus Putra’s
notebook
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
if you have comments on my writings so let me know them